Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI Tema Menjelajah Angkasa Luar, Apa yang Mendasari Penelitian Pencarian Planet di Luar Tata Surya?

By Thea Arnaiz, Selasa, 15 Maret 2022 | 11:30 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD/MI tema angkasa luar, apa yang mendasari penelitian pencarian planet di luar tata surya. (pexels)

Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD/MI tema menjelajah angkasa luar, subtema 3, pembelajaran 2, tepatnya halaman 101, materinya adalah menjelaskan klasifikasi planet berdasarkan orbit asteroid, menuliskan pengalaman pribadi berdasarkan cerita fiksi, dan menjelaskan jenis-jenis patung.

Sebelum mengerjakan soal dan menemukan kunci jawabannya, teman-teman bisa menyimak materinya secara singkat terlebih dulu.

Penemuan di bidang astronomi semakin berkembang dan banyak ditemukan benda-benda langit lainnya.

Salah satunya adalah asteroid yang awalnya dikira planet yang terletak di antara planet Mars dan Jupiter.

Namun, setelah diteliti lebih lanjut, ternyata itu bukanlah planet dan hanya bongkahan bebatuan yang jumlahnya banyak.

Akhirnya, objek itu dinamakan asteroid oleh Sir William Herschel. Materi kedua, yaitu menghubungkan teks fiksi dengan pengalaman pribadi.

Unsur-unsur cerita fiksi terdiri dari tokoh, watak, alur, dan latar. Kita dapat menemukan teks fiksi dalam bentuk cerpen dan novel.

Di dalam cerita pendek atau novel, ada peristiwa-peristiwa yang mungkin mengingatkan kita pada peristiwa yang dialami sehari-hari.

Sedangkan, materi ketiga, jenis-jenis patung sendiri ada patung religi, monumen, arsitektur, dekorasi, seni, dan kerajinan.

Baca Juga: Cari Jawaban Materi Kelas 3 SD Tema 6, Bagaimana Cara Kerja Air Sebagai Sumber Energi Alternatif?

Untuk mengetahui lebih lanjut ketiga materi tersebut, teman-teman bisa mengerjakan soal-soalnya berikut ini. 

1. Bagaimana klasifikasi planet terhadap orbit asteroid? Jelaskanlah perbedaan dari ciri-ciri planet menurut klasifikasi tersebut!