Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI, Apa Pengaruh Sikap Persatuan dan Kesatuan pada Diri Sendiri?

By Thea Arnaiz, Kamis, 17 Maret 2022 | 10:30 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD/MI tema menjelajah angkasa luar, apa pengaruh sikap persatuan dan kesatuan pada diri sendiri. (Foto oleh Yan Krukov dari Pexels)

Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD/MI tema menjelajah angkasa luar, subtema 3, pembelajaran 3, tepatnya halaman 107, materinya adalah menjelaskan pengaruh persatuan dan kesatuan terhadap diri sendiri.

Sebelum mengerjakan soal dan menemukan kunci jawabannya, teman-teman bisa menyimak materinya secara singkat terlebih dulu.

Setiap hari, pasti teman-teman pernah bertemu dengan orang yang berbeda suku, ras, dan agamanya.

Perbedaan tersebut adalah sebuah keragaman yang harus kita jaga dan hormati. Dengan begitu, kita menjadi masyarakat yang damai tanpa ada perselisihan karena perbedaan.

Jika tidak ada perselisihan, lingkungan pun jadi lebih tertib, serta rasa persatuan dan kesatuan semakin meningkat.

Sebagai warga negara Indonesia, tentu kita harus menjaga sikap persatuan dan kesatuan ini, karena juga sudah tertulis di dalam Pancasila, yaitu sila ketiga, Persatuan Indonesia.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang materi ini, teman-teman bisa membaca teks berikut ini dengan saksama. Yuk, baca! 

Pengaruh Persatuan dan Kesatuan terhadap Diri Sendiri 

Kemerdekaan Indonesia diperoleh melalui berbagai usaha. Usaha-usaha tersebut dapat berjalan lancar disebabkan adanya rasa persatuan dan kesatuan dalam diri bangsa Indonesia. Jauh sebelum Indonesia merdeka, bangsa Indonesia telah berjuang untuk mengusir penjajah dari tanah air. Namun, perlawanan bangsa Indonesia tersebut sering kali mengalami kegagalan. Hal ini disebabkan perjuangan yang masih bersifat kedaerahan dan kurangnya rasa persatuan antardaerah. Sifat kedaerahan ini juga menyebabkan bangsa Indonesia mudah diadu domba oleh penjajah. Misalnya, politik adu domba yang dilakukan oleh Belanda terhadap kaum Padri dan kaum adat. Politik ini menyebabkan kaum Padri dan kaum adat saling bermusuhan. 

Baca Juga: Materi Bahasa Inggris, Pengertian Recount Text Beserta 3 Contohnya

Lambat laun, bangsa Indonesia mulai menyadari bahwa strategi perjuangan harus diubah. Bangsa Indonesia harus bersatu untuk mengusir para penjajah. Seluruh rakyat pun bersatu dan berjuang melakukan perlawanan. Kali ini, perlawanan mereka dilandaskan pada rasa persatuan dan kesatuan sebagai bangsa Indonesia. Rakyat tidak lagi berjuang secara kedaerahan. Mereka berjuang dengan semangat persatuan sebagai bangsa Indonesia. Semangat ini pun membuahkan hasil yang baik, yaitu mendapatkan kemerdekaan Indonesia. 

Sebagai generasi muda, kita harus memiliki semangat persatuan dan kesatuan. Rasa persatuan dan kesatuan dikembangkan dari dalam diri. Hal ini kemudian diterapkan dalam perilaku kehidupan sehari-hari. Semangat persatuan dan kesatuan yang kita terapkan akan membuat kehidupan menjadi lebih damai. Pengaruh sikap yang mencerminkan persatuan dan kesatuan terhadap diri sendiri antara lain dapat menumbuhkan sikap tenggang rasa dan kepedulian terhadap sesama dan masih banyak pengaruh lainnya.