Contoh Soal dan Pembahasan tentang Karya Seni Patung

By Thea Arnaiz, Minggu, 20 Maret 2022 | 07:00 WIB
Contoh soal dan pembahasan tentang karya seni patung. (Foto oleh Mike dari Pexels)

Bobo.id - Pada pembelajaran Kreasi Seni Budaya dan Prakarya, Kelas 6 SD/MI, pelajaran 4, tepatnya halaman 52, materinya adalah karya seni patung.

Pastinya, teman-teman sudah sering melihat patung ada di berbagai tempat. Ada yang di jalan, di rumah, dan museum.

Patung juga termasuk ke dalam karya seni tiga dimensi karena bisa dibuat menyerupai hewan, manusia, atau bentuk-bentuk lain dan menonjolkan keindahannya.

Patung yang indah dan mempunyai makna mendalam, biasanya dibuat oleh seniman patung agar menghasilkan suatu karya seni rupa yang dapat bertahan lama.

Selain itu, patung dapat dibuat dari berbagai macam bahan, umumnya patung dibuat dari tanah liat, gips, kayu, batu, perunggu, emas, kapur, dan besi.

Pembuatan patung juga mempunyai tujuannya masing-masing, apakah patung itu dibuat untuk meniru makhluk hidup, kegiatan ibadah, monumen, atau hiasan.

Untuk semakin memahami materi tentang karya seni patung, teman-teman bisa mengerjakan contoh soal dan pembahasannya berikut ini. Yuk, simak! 

1. Apa yang dimaksud dengan karya seni patung? 

Jawaban: 

Baca Juga: 6 Contoh Cara Penjernihan Air, Materi Kelas 5 SD Tema 5

Karya seni patung adalah karya seni tiga dimensi, yang dibuat bervolume dari tanah liat, kayu, atau berbagai jenis-jenis logam. Cara membuatnya bisa dibentuk, dipahat, dipotong, atau dicetak. 

2. Apa tujuan dibuatnya patung?