Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI Tema Menjelajah Angkasa Luar, Bagaimana Harusnya Menjaga Persatuan dan Kesatuan di Indonesia?

By Thea Arnaiz, Selasa, 22 Maret 2022 | 10:00 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD/MI tema menjelajah angkasa luar, bagaimana harusnya menjaga persatuan dan kesatuan di Indonesia. (Foto oleh Yan Krukov dari Pexels)

Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD/MI tema menjelajah angkasa luar, subtema 3, pembelajaran 4, tepatnya halaman 117, materinya adalah mengidentifikasi pengaruh persatuan dan kesatuan terhadap masyarakat sekitar.

Sebelum mengerjakan soal dan menemukan kunci jawabannya, teman-teman bisa menyimak materinya secara singkat terlebih dulu.

Masyarakat di Indonesia ini terdiri dari berbagai macam suku, agama, bahasa, dan ras.

Untuk menjaga kedamaian, setiap masyarakat harus mengamalkan rasa persatuan dan kesatuan, agar bangsa Indonesia kuat dan tidak mudah dipecah-belah.

Nilai-nilai persatuan dan kesatuan ini juga sudah dituliskan oleh di dalam Pancasila, yaitu sila ketiga Persatuan Indonesia.

Selain itu, semboyan negara kita, yaitu Bhinneka Tunggal Ika juga mengartikan, walaupun berbeda-beda kita tetap bersatu juga.

Lalu, jika kita menerapkan rasa persatuan dan kesatuan di dalam kehidupan masyarakat.

Maka, kehidupan jadi lebih aman, meringankan masyarakat yang sedang kesusahan, dan mengurangi kecemburuan sosial di masyarakat.

Pembangunan negara pun lancar dan cepat terwujud , karena masyarakatnya bersatu dan tidak mementingkan diri sendiri.

Baca Juga: 7 Contoh Ekosistem Buatan dan Manfaatnya Bagi Manusia, Materi Kelas 5 SD Tema 5

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang materi ini, teman-teman bisa mengerjakan soal-soal berikut ini. Yuk, kerjakan! 

1. Bagaimana jika persatuan dan kesatuan tidak dijaga dan diamalkan di berbagai kegiatan oleh masyarakat? Jelaskan dampak ditimbulkan dari peristiwa tersebut!