Terlihat Hampir Sama, Apa Perbedaan antara Banteng dan Kerbau?

By Grace Eirin, Selasa, 22 Maret 2022 | 18:30 WIB
Perbedaan kerbau dan banteng. (Phillip Visser/Pexels)

Bobo.id - Teman-teman, pernahkah kamu melihat kerbau dan banteng dalam satu wilayah? Apakah kamu bisa membedakan yang mana banteng dan yang mana kerbau? 

Kedua hewan ini terlihat mirip, bukan? Coba tebak, gambar di atas merupakan banteng atau kerbau? Jawabannya adalah kerbau air atau water buffalo

Di Indonesia, kerbau biasanya membantu para petani untuk membajak sawah, atau berkubang di lumpur ketika cuaca panas. 

Sementara banteng di Indonesia saat ini termasuk jenis hewan yang terancam punah, sehingga mereka hidup di taman nasional yang dilindungi.

Nah, kali ini Bobo ingin mengajakmu mengenal perbedaan antara kerbau dan banteng dari penjelasan di bawah ini. Yuk, simak!

Fakta Menarik Kerbau

Kerbau atau buffalo mempunyai nama ilmiah Syncerus caffer. Kerbau adalah hewan mamalia yang makan dari tumbuhan, atau hewan herbivora. 

Meskipun sama-sama berada dalam sub-famili sapi, atau termasuk keluarga sapi, kerbau berbeda dengan banteng. 

Kerbau adalah hewan yang menyukai air, sehingga hidup berkelompok di sekitarnya. Dalam satu kelompok, akan ada sekitar 50 hingga 500 kerbau di alam liar.

Baca Juga: Baru Tahu! Ternyata Simpanse Bisa Memilih Tempat Tidurnya dari Kayu yang Kokoh dan Terbaik

Kerbau-kerbau ini bahkan sering terlihat berkubang di dalam lumpur. Apa alasannya?

Rupanya, kerbau adalah salah satu hewan yang tidak tahan dengan cuaca panas. Sebab, kerbau memiliki panas tinggi, suhu tubuh normal kerbau sekitar 38,2-38,4 derajat celcius.