Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI Tema 9, Apa Dampak dari Penambangan Batu Granit?

By Thea Arnaiz, Senin, 28 Maret 2022 | 09:30 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD/MI tema menjelajah angkasa luar, apa dampak dari penambangan batu granit. (Foto oleh Katerina Holmes dari Pexels)

Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD/MI tema menjelajah angkasa luar, latihan ujian akhir, muatan IPA, tepatnya halaman 148, materinya adalah dampak terhadap penambangan batu granit.

Sebelum mengerjakan soal dan menemukan kunci jawabannya, teman-teman bisa menyimak materinya secara singkat terlebih dulu.

Batu granit adalah batuan alam yang terbentuk dari magma yang mengental, mendingin, dan mengkristal sebelum keluar ke permukaan bumi.

Batu granit sering kali digunakan sebagai material konstruksi bangunan, agar lebih kuat dan indah.

Untuk mendapatkan batu granit, manusia harus menambangnya terlebih dahulu, kegiatan pertambangan pasti mengubah lingkungan hidup.

Meskipun bermanfaat bagi kehidupan manusia, tetapi kegiatan pertambangan untuk mendapatkan batu granit juga merugikan manusia.

Lalu, apa saja kerugian dari penambangan batu granit bagi manusia? Untuk mengetahuinya, teman-teman bisa mengerjakan soalnya berikut ini. Yuk, kerjakan! 

Penambangan batu granit dapat dilakukan dengan cara penambangan terbuka di pegunungan.

Buatlah prediksi atau perkiraan apa dampak yang mungkin terjadi pada lingkungan pegunungan jika penambangan tersebut dilakukan terus-menerus. 

Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 3 SD Tema 7, Sikap Apa yang Harus Kita Ambil dalam Menghadapi Perbedaan?

Jawaban: 

1. Pencemaran udara