Siap-Siap Musim Pancaroba, Ketahui Kondisi Cuaca Ekstrem pada 30-31 Maret 2022 di Indonesia

By Thea Arnaiz, Rabu, 30 Maret 2022 | 13:00 WIB
Kondisi cuaca Indonesia pada 30-31 Maret 2022. (Foto oleh Ron Lach dari Pexels)

 

Bobo.id - Tahukah teman-teman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Senin, 3 Maret 2022 mengalami cuaca ekstrem, berupa hujan disertai angin kencang hingga hujan es.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta, cuaca ekstrem ini diakibatkan oleh aliran massa udara yang meningkat.

BMKG Yogyakarta memantau, adanya pusat tekanan udara rendah di perairan bagian selatan Jawa Barat.

Oleh sebab itulah, daerah di sepanjang perairan sebelah barat Sumatra hingga selatan Jawa bagian barat mengalirkan udara massa udara yang meningkat di wilayah Jawa, termasuk daerah Yogyakarta.

Namun, BMKG pusat juga memperingati wilayah lain di luar Yogyakarta yang juga berpotensi mengalami cuaca ekstrem, lo.

Lalu, wilayah mana saja itu? Untuk mengetahuinya, teman-teman dapat menyimak penjelasannya seperti berikut ini. Yuk, simak! 

Penjelasan BMKG 

Menurut Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG, Miming Saepudin, wilayah Yogyakarta dan sekitarnya akan mengalami hujan lebat yang disertai petir hingga akhir bulan Maret 2022.

Sehingga, teman-teman yang tinggal di wilayah Yogyakarta akan mengalami hujan lebat, angin dan petir.

Baca Juga: Banyak Fenomena Hujan Es di Indonesia, Diperkirakan Hujan Es Akan Semakin Sering Terjadi Selama Musim Pancaroba

Jadi, persiapkan diri ketika sedang beraktivitas di luar ruangan, seperti menyiapkan payung atau jas hujan.

Selain itu, berikut rincian wilayah yang mempunyai potensi mengalami hujan angin disertai petir pada 29 sampai 31 Maret 2022 nanti.