Mengapa Hewan Bisa Punah karena Pemanasan Global? Ini Hubungan Keduanya

By Grace Eirin, Minggu, 3 April 2022 | 08:00 WIB
Mengapa hewan bisa punah karena pemanasan global? (Foto oleh .M.Q Huang dari Pexels)

Bobo.id - Ada beragam contoh masalah lingkungan yang terjadi di Bumi. Contohnya seperti pencemaran lingkungan, kepunahan hewan, dan pemanasan global

Ketiga masalah tersebut tidak lepas dari tanggung jawab manusia. Sebab, perilaku manusia yang tidak bertanggung jawab menyebabkan ketiga masalah tersebut. 

Karena pemakaian plastik dan bahan kimia berlebihan, manusia membuang limbah secara sembarangan ke sungai, danau, tanah, dan sebagainya sehingga menyebabkan pencemaran. 

Manusia yang terlalu serakah juga memburu hewan-hewan liar dan dilindungi untuk keuntungan sendiri, sehingga terjadilah kepunahan. 

Manusia juga menggunakan bahan bakar fosil dengan berlebihan, sehingga menjadi faktor penyebab meningkatnya suhu permukaan Bumi. 

Nah, peningkatan suhu di permukaan Bumi yang lebih dikenal dengan pemanasan global ini memberikan dampak buruk bagi banyak aspek kehidupan makhluk hidup. 

Baik manusia, tumbuhan, dan hewan merasakan dampak dari pemanasan global. Kita akan mencari tahu, mengapa hewan bisa punah karena pemanasan global? 

Apa itu Pemanasan Global?

Pemanasan global atau global warming adalah salah satu bentuk perubahan iklim dalam wilayah dan waktu yang lebih besar.

Baca Juga: Jadi Salah Satu Penyebab Pemanasan Global, Ini Alasan Bahan Bakar Fosil Disebut Tidak Ramah Lingkungan

Pemanasan global terjadi pada daerah atau cakupan yang lebih luas dan global. Artinya, peningkatan suhu tersebut terjadi pada suatu planet, yaitu Bumi. 

Pemanasan global dapat terjadi karena adanya gas karbon dioksida dan gas rumah kaca lainnya yang merupakan hasil pembakaran bahan bakar fosil.