Kebudayaan Sunda: Asal-usul, Ciri Khas, dan Nilai-Nilai Budaya

By Thea Arnaiz, Senin, 4 April 2022 | 13:00 WIB
Macam-macam kebudayaan Sunda dari asal-usulnya, ciri khas, dan nilai-nilai budaya. (Meursault2004/commons.wikimedia.org)

Bobo.id - Macam-macam budaya Sunda dapat kita pelajari mulai dari asal-usul suku Sunda, ciri khas kebudayaan, dan nilai-nilai budaya mereka.

Lalu, di mana kita bisa menemukan suku Sunda? Ternyata, mereka dapat teman-teman temukan di wilayah Banten, Jawa Barat, hingga daerah Lampung di Sumatra, lo.

Menurut data sensus penduduk pada 2010, populasi suku Sunda setidaknya sekitar 37 juta jiwa dan menjadi suku terbesar kedua di Indonesia.

Orang Sunda digambarkan mempunyai kepribadian yang optimis, ramah, sopan, riang, dan bersahaja.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kebudayaan Sunda, teman-teman dapat menyimak penjelasannya berikut ini. Yuk, simak agar wawasan kita bertambah. 

Asal-usul 

Tahukah teman-teman dari mana suku Sunda berasal? Sunda sendiri berasal dari bahasa Sansekerta, awalnya dari kata sund atau sudsha yang berarti putih, berkilau, terang, atau bersinar.

Sedangkan dalam bahasa Bali dan Jawa Kuno, sunda berarti juga suci, murni, tak tercela, tak ternoda, atau bersih.

Suku Sunda ini berasal dari keturunan Austronesia (ras yang tersebar dari Taiwan hingga Hawaii atau ras Mongolid) yang ada di Taiwan.

Baca Juga: Miliki Banyak Situs Warisan Dunia, Ini Serba-serbi Chichen Itza, Kota dari Peradaban Suku Maya

Lalu, mereka melakukan migrasi melalui kepulauan Filipina hingga tiba di Pulau Jawa pada 1500 hingga 1000 Sebelum Masehi.

Namun, ada juga yang berpendapat kalau suku Sunda ini asalnya dari Sundalandia, yaitu ras yang mendiami semenanjung cekungan besar.