Cari Jawaban Materi Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 6 SD/MI, Bagaimana Konsep Penemuan Listrik?

By Thea Arnaiz, Rabu, 6 April 2022 | 08:00 WIB
Kunci jawaban materi ilmu pengetahuan sosial kelas 6 SD/MI, bagaimana konsep penemuan listrik. (Foto oleh Oronzo Roberti dari Pexels)

Bobo.id - Pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Kelas 6 SD/MI, subtema 1, pertanyaan 4, tepatnya halaman 67, materinya adalah tokoh dan penemuan.

Sebelum menemukan kunci jawabannya, teman-teman dapat menyimak materinya secara singkat terlebih dahulu.

Saat ini, kita semua pasti bergantung pada yang namanya listrik. Jika sampai listrik mati atau terputus, manusia akan kesulitan melakukan kegiatan produktifnya, bahkan bisa menghambat kegiatan perekonomian kita, lo.

Listrik bisa kita hasilkan dengan menggerakkan generator menggunakan energi air, angin, matahari, panas bumi, nuklir, atau batu bara.

Jika generator berhasil digerakkan dan menghasilkan listrik, nantinya listrik tersebut akan dialirkan ke rumah-rumah warga

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang materi tokoh dan penemuan listrik, teman-teman bisa mengerjakan soalnya seperti berikut ini. Yuk, kerjakan! 

Bagaimana konsep penemuan listrik? Jelaskan juga bagaimana menggunakan listrik secara bijak! 

Jawaban: 

Listrik ditemukan oleh Michael Faraday setelah banyak diteliti oleh ilmuwan-ilmuwan sebelumnya.

Baca Juga: Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI Tema Bumiku, Apa Saja Kewajiban Seorang Pelajar?

Akibat jasanya, Michael Faraday dijuluki sebagai “bapak listrik”, karena berhasil membuktikan adanya arus listrik yang dihasilkan oleh lilitan tembaga.

Dengan penemuan listrik, kehidupan manusia jadi lebih cepat dan mudah, penerangan mempermudah kita membaca buku pada malam hari, memperlancar transportasi, dan sebagai sumber energi pada industri.