Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI, Apa Saja Pokok Pikiran dari Teks Non Fiksi ‘Letak Geografis dan Geologis Kawasan Asia Tenggara’?

By Thea Arnaiz, Rabu, 13 April 2022 | 08:00 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD/MI tema bumiku, pokok pikiran dari teks non fiksi ‘Letak Geografis dan Geologis Kawasan Asia Tenggara’. (Foto oleh Ron Lach dari Pexels)

Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD/MI tema Bumiku, subtema 1, perbedaan waktu dan pengaruhnya, tepatnya halaman 8, materinya adalah menentukan pokok pikiran dari pada sebuah teks non fiksi.

Sebelum menemukan kunci jawabannya, teman-teman dapat menyimak materinya secara singkat terlebih dahulu.

Pokok pikiran adalah inti dari sebuah bacaan yang nantinya akan dibahas lebih dalam melalui penjelasan-penjelasan pendukung.

Pokok pikiran ini dapat ditemukan di dalam setiap paragraf, biasanya diikuti oleh gagasan pendukung untuk memperkuat pokok pikiran tersebut.

Selain itu, letaknya pokok pikiran dalam sebuah paragraf bisa saja di awal (deduktif), di akhir (induktif), atau di awal dan di akhir (campuran).

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai materi ini, teman-teman bisa membaca teks non fiksi berikut dan kerjakan soalnya. Yuk, baca dengan saksama! 

Letak Geografis dan Geologis Kawasan Asia Tenggara 

Kawasan Asia Tenggara terletak di antar negara Cina, India, Australia, dan Samudra Pasifik. Kawasan Asia Tenggara memiliki dua bagian wilayah geografis, yaitu dataran dan kepulauan. Wilayah daratan di kawasan Asia Tenggara terdiri atas Kamboja, Vietnam, Myanmar, Laos, dan Thailand. Sementara itu, wilayah kepulauan di kawasan Asia Tenggara terdiri atas Singapura, Filipina, Indonesia, Malaysia, Timor Leste, dan Brunei Darussalam. Letak kawasan Asia Tenggara secara astronomis berada di 28°LU-11°LS dan 93°BT-141°BT. 

Letak geografis adalah letak sebuah wilayah yang dilihat dari bentuk nyata wilayah tersebut di atas permukaan Bumi. Secara geografis, kawasan Asia Tenggara juga terletak di antara Samudra Pasifik dan India. Oleh karena letak geografisnya, kawasan Asia Tenggara memiliki beberapa batas dengan negara lain. Sebelah barat kawasan Asia Tenggara berbatasan dengan India dan Samudra Pasifik. Sebelah timur kawasan Asia Tenggara berbatasan dengan Papua Nugini dan Samudra Pasifik. Sebelah utara kawasan Asia Tenggara berbatasan dengan wilayah daratan Cina dan Laut Cina. Sebelah selatan kawasan Asia Tenggara berbatasan dengan Timor Leste dan Samudra Hindia. 

Baca Juga: Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI Tema Bumiku, Apa Saja Kosakata Baru dalam Teks Nonfiksi ‘Waktu dan Kecepatan Rotasi Bumi’?

Luas wilayah daratan kawasan Asia Tenggara berkisar 4.500.000 kilometer per segi dan luas wilayah perairannya berkisar 5.060.000 kilometer per segi. Negara dengan wilayah terluas di Asia Tenggara adalah Indonesia. Sementara itu, wilayah dengan luas wilayah terkecil adalah Singapura. 

Selain letak geografis, kawasan Asia Tenggara juga memiliki letak geologis. Letak geologis adalah letak suatu wilayah yang dilihat dari struktur dan komposisi bebatuan pembentuk Bumi. Secara geologis, kawasan Asia Tenggara dilalui oleh rangkaian Pegunungan Muda Mediterania yang berasal dari Himalaya, Arakan Yoma, dan Kepulauan Banda. Kawasan Asia Tenggara juga dilalui oleh Pegunungan Sirkum Pasifik yang berasal dari Amerika Serikat, Jepang, dan Filipina. Oleh karena letak geologis tersebut, kawasan Asia Tenggara memiliki banyak gunung api aktif dan aktivitas kegempaan yang cukup tinggi.