Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI Tema Bumiku, Apa Penjelasan tentang Rotasi dan Revolusi Bumi?

By Thea Arnaiz, Kamis, 14 April 2022 | 08:00 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD/MI tema bumiku, apa penjelasan tentang rotasi dan revolusi Bumi. (Foto oleh Thirdman dari Pexels)

 

Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD/MI tema Bumiku, subtema 1, perbedaan waktu dan pengaruhnya, tepatnya halaman 11, materinya adalah menjelaskan rotasi dan revolusi Bumi serta akibatnya.

Sebelum menemukan kunci jawabannya, teman-teman dapat menyimak materinya secara singkat terlebih dahulu.

Perputaran Bumi pada porosnya disebut rotasi Bumi. Bumi akan berputar pada porosnya dari arah barat ke timur dan membutuhkan waktu selama 23 jam, 56 menit dan 4 detik untuk satu kali berotasi.

Sedangkan, revolusi bumi adalah pergerakan Bumi mengelilingi Matahari. Selain itu, Bumi membutuhkan waktu selama 365 hari untuk berevolusi secara penuh terhadap matahari.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai materi ini, teman-teman bisa membaca teks non fiksi berikut dan kerjakan soalnya. Yuk, baca dengan saksama! 

1. Bumi melakukan dua pergerakan sekaligus, yaitu rotasi dan revolusi. Apa yang kamu ketahui tentang rotasi dan revolusi Bumi? Jelaskan. 

Jawaban: 

- Rotasi Bumi adalah Bumi berputar pada porosnya dari barat ke timur dan membutuhkan waktu selama 24 jam untuk berotasi secara penuh.

Ketika berotasi, Bumi tidak dalam keadaan tegak lurus namun miring dengan kemiringan 23,5 derajat. 

Baca Juga: Menuliskan Ulang Isi Teks 'Pergi ke Pulau' dari Setiap Paragraf, Materi Kelas 3 SD Tema 7

- Revolusi bumi adalah pergerakan Bumi mengelilingi Matahari dan membutuhkan waktu 365 hari atau setahun penuh setiap kalo berevolusi.