Awalnya untuk Berdagang dan Memperluas Wilayah, Ini 5 Penjelajah Terkenal di Dunia

By Thea Arnaiz, Rabu, 13 April 2022 | 15:30 WIB
Tokoh-tokoh penjelajah yang terkenal di dunia. (Zephirx/pixabay)

Bobo.id - Tahukah teman-teman? Dulunya banyak orang dari Eropa maupun Asia, menjelajah ke berbagai wilayah untuk membuat catatan perjalanan, berdagang, ataupun memperluas wilayahnya.

Beberapa penjelajah ini bahkan menemukan wilayah baru yang sebelumnya tidak diketahui dan membangun koloni-koloni di wilayah yang mereka temukan.

Akibat penjelajahan ini juga, wawasan manusia semakin bertambah dan kegiatan perdagangan antar benua semakin meningkat.

Lalu, siapa saja para penjelajah pemberani itu? Untuk mengetahuinya, simak lewat penjelasan ini, yuk! 

1. Marco Polo 

Marco Polo adalah seorang pedagang dan petualang dari Venesia. Ia pernah melakukan perjalanan si sepanjang Jalur Sutra dari Eropa ke Asia antara tahun 1271 hingga 1295, lo.

Awalnya, Marco Polo diundang ke istana oleh Kubilai Khan, Kaisar Mongol pendiri Dinasti Yuan dan ia akhirnya tinggal di sana selama 17 tahun.

Selama tinggal di Mongol, Marco Polo bertugas untuk mencari fakta dari berbagai macam wilayah dan dilaporkan kepada Kubilai Khan.

Selama perjalanan serta pengalamannya di wilayah Asia itulah, yang menginspirasi orang-orang Eropa lainnya untuk melakukan penjelajahan. 

Baca Juga: Hari Ini 61 Tahun Lalu, Manusia Berhasil Menuju Ruang Angkasa Pertama Kali

2. Zheng He 

Zheng He atau Laksamana Kasim Tiga Permata adalah penjelajah asal Tiongkok dan memimpin 300 kapal terkuat yang mengangkut 30.000 tentara.