Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI Tema Bumiku, Informasi Apa Saja yang Ada di Dalam Artikel tentang Deforestasi Hutan Indonesia?

By Thea Arnaiz, Selasa, 19 April 2022 | 11:45 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD/MI tema bumiku, apa informasi dan gagasan utama di dalam artikel tentang deforestasi hutan Indonesia. (Foto oleh Yan Krukov dari Pexels)

Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD/MI tema Bumiku, subtema 2 bumiku dan musimnya, pembelajaran Bahasa Indonesia, tepatnya halaman 49, materinya adalah gagasan utama atau kalimat utama.

Sebelum menemukan kunci jawabannya, teman-teman dapat menyimak materinya secara singkat terlebih dahulu.

Ketika kita membaca sebuah artikel, agar memahami isi yang ingin disampaikan kita harus menemukan gagasan utama.

Gagasan utama atau gagasan pokok yang dapat kita temukan di setiap paragraf.

Selain ada gagasan utama, ada juga gagasan penjelas atau gagasan pendukung. Fungsinya untuk menjelaskan gagasan utama agar berkembang menjadi sebuah paragraf.

Jika dalam sebuah paragraf dilengkapi gagasan utama dan pendukung, maka kita lebih mudah memahami isinya serta mendapatkan informasi yang ingin disampaikan.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai materi ini, teman-teman bisa membaca teks berikut dan kerjakan soalnya. Yuk, baca dengan saksama! 

Di era modern seperti sekarang, ketidakseimbangan dalam kehidupan marak terjadi. Seperti contohnya deforestasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan penghijauan, sehingga nampak seperti pohon-pohon betonlah yang seolah tumbuh lebih subur daripada pohon hijau penghasil oksigen penunjang kebutuhan makhluk hidup. Deforestasi juga merupakan faktor utama terkikisnya luas hutan yang ada di Indonesia. Hutan lindung, hutan hujan tropis, dan hutan-hutan yang lain, kini disulap menjadi deretan gedung-gedung megah dan pabrik-pabrik penghasil jutaan ton limbah serta polusi. Belum lagi maraknya illegal logging dan penebangan liar yang secara langsung berdampak pada tumbangnya pepohonan yang merupakan paru-paru dunia. 

Menurut data dari Dirjen Planologi Kehutanan tahun 2011, lebih dari 800 ribu hektar deforestasi melanda hutan Indonesia pada periode 2009-2010. Jika masyarakat tidak peduli akan hal itu, maka deforestasi akan terus menjadi momok bagi keberlangsungan ekosistem yang berada di dalam hutan. Tak heran, jika banyak media memberitakan satwa-satwa liar “menyerang” permukiman warga, karena berkurangnya suplai makanan alami akibat semakin terkikisnya luas hutan. 

Baca Juga: Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI, Apa yang Membedakan Malaysia dengan Negara Lain di Kawasan Asia Tenggara?

1. Jelaskan gagasan utama dalam paragraf pertama dan kedua. 

Jawaban: