Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI Tema Bumiku, Setujukah dengan Penggunaan Kemasan Kertas Sebagai Pengganti Kemasan Plastik?

By Thea Arnaiz, Senin, 25 April 2022 | 08:00 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD/MI tema bumiku, setujukah dengan penggunaan kemasan kertas sebagai pengganti kemasan plastik. (Foto oleh Pavel Danilyuk dari Pexels)

Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD/MI tema Bumiku, subtema 1, perbedaan waktu dan pengaruhnya, tepatnya halaman 39, materinya adalah rotasi Bumi dan kewajiban warga negara menjaga kebersihan lingkungan.

Sebelum menemukan kunci jawabannya, teman-teman dapat menyimak materinya secara singkat terlebih dahulu.

Rotasi Bumi adalah gerakan Bumi yang berputar pada porosnya dari arah barat ke timur dengan kemiringan 23,5 derajat.

Untuk berotasi, Bumi membutuhkan waktu selama 23 jam, 56 menit, dan 4 detik atau 24 jam.

Sedangkan, kewajiban warga negara untuk menjaga kebersihan sudah diatur dalam UUD NKRI Tahun 1945 Pasal 31 ayat 1 dan 2.

Bunyi pasal satu adalah “Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan.” dan pasal 2 “Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya.”

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai materi ini, teman-teman bisa mengerjakan soal-soalnya berikut ini. Yuk, baca dengan saksama. 

Kerjakan soal-soal berikut. 

1. Rio dan Beni melakukan kegiatan seperti pada gambar berikut. 

Baca Juga: Contoh Sikap dalam Mewujudukan Persatuan dan Kesatuan di Lingkungan Masyarakat, Materi Kelas 5 SD Tema 9

 

Percobaan Rio dan Beni. (Buku Penilaian Tematik (BUPETIK) Kelas 6 SD/MI Tema Bumiku, Kurikulum 2013 Revisi, Penerbit Erlangga. )

Beni memegang senter dan mengarahkannya ke globe. Sementara itu, Rio memutar globe perlahan-lahan dengan arah berlawanan putaran jarum jam.