Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI Tema Bumiku, Apa Kegiatan yang Biasa Dilakukan Masyarakat pada Musim Hujan?

By Thea Arnaiz, Kamis, 5 Mei 2022 | 08:00 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD/MI tema bumiku, apa kegiatan yang biasa dilakukan masyarakat pada musim hujan. (Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels)

Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD/MI tema Bumiku, subtema 1, bumiku dan musimnya, tepatnya halaman 54, materinya adalah menjelaskan perbedaan musim.

Sebelum menemukan kunci jawabannya, teman-teman dapat menyimak materinya secara singkat terlebih dahulu.

Seperti yang kita ketahui, musim di Bumi ini dipengaruhi oleh revolusi Bumi terhadap matahari dengan kemiringan poros Bumi 23,5 derajat saat beredar pada garis orbit.

Akibatnya, bagian Bumi utara, selatan, dan tengah mempunyai musim yang berbeda sepanjang tahunnya.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai materi ini, kita bisa mengerjakan soal-soal berikut ini. Yuk, simak dan kerjakan dengan saksama! 

1. Lengkapilah teks berikut menggunakan kata-kata yang tepat. 

Soal melengkapi isi teks. (Buku Penilaian Tematik (BUPETIK) Kelas 6 SD/MI Tema Bumiku, Kurikulum 2013 Revisi, Penerbit Erlangga. Kuis! Apa ciri-ciri musim gugur? Petunjuk: Cek di halaman 2!)

Jawaban: 

Revolusi (Bumi) menyebabkan terjadinya perbedaan musim di belahan Bumi bagian utara dan selatan, yaitu di wilayah beriklim (subtopis). Ada empat (musim) di wilayah tersebut, yaitu musim (dingin),(gugur),(panas), dan (semi). Hal itu terjadi karena poros (Bumi) membentuk sudut 23,5 ° terhadap (garis orbit). Akibatnya, belahan Bumi bagian (utara) dan (selatan) menerima pancaran sinar Matahari yang berbeda. 

Baca Juga: Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI Tema Bumiku, Apa yang Menyebabkan Negara Indonesia Hanya Mengalami Musim Kemarau?

Wilayah-wilayah di dekat garis (khatulistiwa), misalnya Indonesia, hanya mengalami (dua) musim, yaitu musim (hujan) dan (kemarau). Hal itu karena banyaknya pancaran sinar (Matahari) yang diterima wilayah tersebut hampir sama sepanjang tahun. 

2. Jelaskanlah kondisi dan ciri-ciri musim yang dialami oleh bagian bumi utara dan selatan.