Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI Tema Bumiku, Pada Fase Bulan Apakah Gerhana Bulan Sebagian Terjadi?

By Thea Arnaiz, Sabtu, 7 Mei 2022 | 07:14 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD/MI tema bumiku, pada fase Bulan apakah gerhana Bulan sebagian terjadi. (Foto oleh GEORGE DESIPRIS dari Pexels)

 

Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD/MI tema Bumiku, subtema 1, bumiku dan musimnya, tepatnya halaman 55, materinya adalah menjelaskan pergerakan Bulan.

Sebelum menemukan kunci jawabannya, teman-teman dapat menyimak materinya secara singkat terlebih dahulu.

Bulan adalah satelit alami Bumi yang tidak memancarkan cahaya sendiri. Cahaya Bulan yang kita lihat pada malam hari itu berasal dari pantulan cahaya Matahari.

Sebagai satelit, Bulan mengorbit Bumi, sekaligus berputar pada porosnya, serta bersama-sama mengorbit Matahari bersama Bumi.

Akibat gerakan Bulan, kita bisa mengamati fase-fase Bulan, yaitu mulai dari bulan baru, sabit, separuh, cembung, hingga bulan purnama.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai materi ini, kita bisa mengerjakan soal-soal berikut ini. Yuk, simak dan kerjakan dengan saksama! 

1. Gambarkan kenampakan Bulan yang terlihat dari Bumi berdasarkan posisi-posisi Bulan berikut. Setelah itu, tulislah keterangan nama fase Bulan yang dimaksud. 

Fase-fase Bulan. (Buku Penilaian Tematik (BUPETIK) Kelas 6 SD/MI Tema Bumiku, Kurikulum 2013 Revisi, Penerbit Erlangga. )

Jawaban: 

Baca Juga: Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI Tema Bumiku, Mengapa Permukaan Bulan yang Tampak dari Bumi Selalu Sama?

a. Bulan sabit 

b. Bulan baru