Benarkah Permukaan Bulan Menghasilkan Listrik saat Purnama? Ini Penjelasannya

By Grace Eirin, Selasa, 10 Mei 2022 | 17:45 WIB
Bulan purnama bisa menghasilkan listrik. (David Dibert/Unsplash)

Bobo.id - Saat Bulan terlihat bulat utuh di malam hari, kita menyebutnya sebagai bulan purnama. Kamu pernah melihatnya, bukan?

Bulan, adalah satelit Bumi yang tidak bisa dihuni. Itulah informasi yang sering kita temukan saat mencari tahu tentang fakta Bulan dari beragam sumber.

Padahal, Bulan masih menyimpan fakta-fakta menarik yang belum diketahui banyak orang. Salah satunya tentang permukaannya yang dikelilingi listrik. 

Dilansir dari National Geographic, saat purnama, Bulan akan mengumpulkan kekuatan berupa elektron listrik. 

Dari Mana Listrik Itu?

Teman-teman, masih ingatkah kamu urutan lapisan atmosfer Bumi? Salah satu nama lapisan atmosfer Bumi yang berhubungan dengan hal ini yaitu lapisan mesosfer. 

Lapisan mesosfer berada pada ketinggian 50 kilometer sampai dengan 75 kilometer di atas permukaan Bumi. Suhu pada lapisan ini bisa mencapai 0,4°C setiap pada ketinggian 100 meter.

Nah, pada lapisan ini benda luar angkasa yang masuk akan dibakar dan diurai menjadi debu. Sehingga, lapisan mesosfer berfungsi untuk melindungi Bumi dari meteor dan lain sebagainya. 

Di lapisan mesosfer ini juga terdapat lapisan luar bernama ionosfer, di mana elektron-elektron listrik dihasilkan. 

Baca Juga: Banyak Planet Mirip dengan Bumi, Apakah Ada Kehidupan Lain Disana?

Ketika ada materi yang mencapai ketinggian lapisan ionosfer tersebut, maka materi tersebut akan menabrak ruang hampa udara. 

Bersamaan dengan hal itu, cahaya bintang akan menyerang materi sehingga materi yang berada di lapisan tersebut akan melepaskan elektron-elektron.