7 Cara Mengatasi Pencemaran Lingkungan di Sekitar

By Thea Arnaiz, Rabu, 11 Mei 2022 | 16:15 WIB
Cara mengatasi pencemaran lingkungan dengan berbagai macam cara yang bisa dilakukan agar lingkungan tetap lestari. (Foto oleh Natalie Dmay dari Pexels)

Bobo.id - Cara mengatasi pencemaran lingkungan bisa dilakukan dengan berbagai macam cara.

Pencemaran lingkungan tidak bisa teman-teman sepelekan, karena bisa mengancam keberlangsungan hidup manusia, hewan, serta tumbuhan, lo.

Sedangkan, yang dimaksud pencemaran lingkungan adalah masuknya zat asing ke dalam ekosistem lingkungan tersebut hingga menyebabkan kerusakan.

Jika lingkungan di Bumi sampai rusak, maka bisa menimbulkan sejumlah kerugian, seperti menurunnya kualitas udara, sulitnya air bersih, kurangnya produksi bahan makanan, dan lain-lain.

Untuk itu, kita harus segera mengatasinya agar tidak semakin parah. Berikut tujuh cara yang bisa dilakukan dalam mengatasi pencemaran lingkungan. Yuk, simak! 

Cara-Cara Mengatasi Pencemaran Lingkungan 

1. Membangun Pengolahan Air Limbah 

Pada kegiatan industri, selain melepaskan limbah ke udara dalam bentuk asap. Sering juga menghasilkan limbah cair kimia yang tidak boleh dibuang sembarangan.

Oleh karena itu, kita harus membangun pengolahan air limbah agar ekosistem tanah dan perairan tidak rusak akibat zat kimia yang berbahaya.

Baca Juga: 7 Dampak Pencemaran Lingkungan yang Perlu Diketahui, Apa Saja?

Selain limbah cair industri, kita juga harus memerhatikan pengolahan limbah cair pertanian dan rumah tangga dengan baik. 

2. Pengelolaan Sampah