Apa Perbedaan antara Kedaulatan ke Dalam dan Kedaulatan ke Luar?

By Grace Eirin, Kamis, 12 Mei 2022 | 13:30 WIB
Perbedaan kedaulatan ke dalam dan kedaulatan ke luar. (Gerd Altmann/Pixabay.com)

Bobo.id - Teman-teman, masih ingatkah kamu bunyi dari alinea kedua Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Berikut ini bunyinya:

"Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentausa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan Negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur."

Apa, sih, arti kata berdaulat? Yuk, temukan arti kata daulat dan kedaulatan, jenis, serta perbedaan kedaulatan ke dalam dan kedaulatan ke luar dari penjelasan ini!

Pengertian Kedaulatan

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, kedaulatan berarti kekuasaan tertinggi atas pemerintahan negara, daerah, dan sebagainya.

Nah, jika kamu pernah mendengar atau membaca kata 'kedaulatan rakyat', maka itu berarti kekuasaan tertinggi ada pada rakyat atau bisa diartikan demokrasi.

Ada dua jenis kedaulatan yang kita kenal di Indonesia, yaitu kedaulatan ke dalam dan kedaulatan ke luar. Ini perbedaannya. 

Kedaulatan ke Dalam

Kedaulatan ke dalam adalah kekuasaan tertinggi untuk mengatur kehidupan bernegara atau kekuasaan untuk mengatur pemerintahan sendiri tanpa campur tangan negara lain.

Baca Juga: Bentuk Kedaulatan Negara Republik Indonesia: Kedaulatan Rakyat dan Kedaulatan Hukum

Dikutip dari Kompas.com, inilah beberapa contoh kedaulatan ke dalam yang dilakukan di Indonesia. 

1. Pemerintah membuat peraturan perundang-undangan.