5 Macam Informasi Penting pada Teks Bacaan ‘Matahari dan Lapisan-lapisannya', Materi Kelas 6 SD/MI Tema Bumiku

By Thea Arnaiz, Kamis, 19 Mei 2022 | 07:30 WIB
Macam-macam informasi penting pada teks bacaan ‘Matahari dan Lapisan-lapisannya', Materi Kelas 6 SD/MI tema bumiku . (Foto oleh Yan Krukov dari Pexels)

 

Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD/MI tema Bumiku, subtema 3, bumi, matahari, dan bulan, tepatnya halaman 88, materinya adalah menyajikan informasi penting dalam bentuk ringkasan.

Sebelum menemukan macam-macam informasi penting pada sebuah teks, teman-teman dapat menyimak materinya secara singkat terlebih dahulu.

Informasi penting juga dapat disajikan dalam bentuk ringkasan. Ringkasan atau rangkuman adalah inti sari informasi yang diambil dari teks bacaan.

Untuk membuat ringkasan, maka kita harus menemukan gagasan utama pada setiap paragraf.

Oleh karena itu, kita harus membaca keseluruhan isi teks. Lalu, kita susun ringkasannya dengan kalimat yang baik.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang menyajikan informasi dengan ringkasan, kita bisa membaca teks bacaan ini terlebih dahulu. Yuk, simak dan kerjakan soalnya dengan saksama! 

Matahari dan Lapisan-lapisannya 

Matahari merupakan pusat tata surya yang berupa bola gas panas. Energi panas yang dihasilkan oleh Matahari merupakan sumber energi panas terbesar bagi Bumi. Matahari tersusun dari beberapa unsur. Unsur terbanyak yang menyusun Matahari adalah hidrogen dan helium. Jumlah unsur hidrogen dan helium mencapai 98%, sedangkan unsur lainnya hanya 2%. Selain itu, Matahari juga memiliki beberapa lapisan. Lapisan Matahari dari yang paling dalam sampai paling luar, yaitu inti Matahari, fotosfer, kromosfer, dan korona. 

Inti Matahari merupakan lapisan Matahari yang selalu bergolak. Suhu pada inti Matahari sekitar 15.000.000°C. Pada lapisan inti Matahari terjadi reaksi fusi nuklir yang menghasilkan energi yang sangat besar. Energi yang dihasilkan dari reaksi fusi nuklir akan dialirkan ke lapisan luar Matahari secara besar. Energi yang dihasilkan dari reaksi fusi nuklir akan dialirkan ke lapisan luar Matahari secara radiasi dan konveksi. Energi ini kemudian dipancarkan oleh permukaan Matahari ke seluruh angkasa dan hanya sebagian kecil energi tersebut yang sampai ke permukaan Bumi. 

Baca Juga: Contoh Perilaku Boros Energi dan Dampaknya, Materi Kelas 4 SD Tema 9

Di atas lapisan inti Matahari terdapat lapisan fotosfer. Lapisan fotosfer merupakan lapisan cahaya yang tampak oleh mata dan dapat dilihat dari Bumi. Cahaya tersebut berwarna putih dan menyilaukan mata. Jika dilihat menggunakan teleskop, lapisan fotosfer tampak seperti gas yang bergerak terus-menerus. Ketebalan lapisan ini sekitar 500 km dan memiliki suhu sekitar 5.000-6.000°C 

Lapisan di atas fotosfer adalah lapisan kromosfer. Lapisan kromosfer merupakan lapisan atmosfer dari Matahari. Ketebalan lapisan ini sekitar 2.000-3.000 km. Suhu pada lapisan kromosfer bagian luar sekitar 4.000°C dan bagian dalamnya sekitar 10.000°C. Lapisan kromosfer menghasilkan cahaya berwarna merah yang lemah dan hanya dapat dilihat oleh mata saat terjadi gerhana Matahari total.