4 Macam Informasi Penting pada Teks Bacaan ‘Pesona Alam Raja Ampat’, Materi Kelas 6 SD/MI Tema Bumiku

By Thea Arnaiz, Sabtu, 21 Mei 2022 | 08:00 WIB
Macam-macam informasi penting pada teks bacaan ‘Pesona Alam Raja Ampat’, Materi Kelas 6 SD/MI Tema Bumiku. (Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels)

Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD/MI tema Bumiku, subtema 3, bumi, matahari, dan bulan, tepatnya halaman 89, materinya adalah menyajikan informasi penting.

Sebelum menemukan macam-macam informasi penting pada sebuah teks, teman-teman dapat menyimak materinya secara singkat terlebih dahulu.

Informasi penting dapat kita temukan di setiap paragraf.

Jadi, untuk menemukan informasi penting, kita harus membaca isi teks secara keseluruhan dan menemukan kata yang sering diulang-ulang atau gagasan pokoknya.

Karena, artinya hal itu penting dan menjadi inti dari sebuah teks.

Selain itu, kita juga harus membaca judulnya agar bisa memperoleh gambaran secara umum.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang menyajikan informasi penting, kita bisa membaca teks bacaan ini terlebih dahulu.

Yuk, simak dan kerjakan soalnya!

Pesona Alam Raja Ampat 

Baca Juga: Contoh Soal dan Pembahasan Materi Kerja Sama Negara-Negara ASEAN

Raja Ampat merupakan salah satu tujuan wisata alam bawah laut yang ada di Indonesia. Raja Ampat berlokasi di Papua Barat dan merupakan kepulauan yang terdiri atas 1.500 pulau-pulau kecil, pulau karang, serta beting yang mengelilingi empat pulau utama. Pulau utama yang dimaksud adalah Waigeo, Batanta, Salawati, dan Misool. 

Raja Ampat merupakan destinasi wisata bawah laut yang terkenal dengan keindahan dan keanekaragaman hayatinya. Dengan luas wilayah berkisar 9,8 juta are, Raja Ampat merupakan rumah bagi 540 jenis terumbu karang, 700 jenis moluska, 5 jenis penyu yang terancam punah, 57 jenis udang mantis, dan 13 jenis mamalia laut. Selain itu, di Raja Ampat juga diperkirakan terdapat 1.320 jenis ikan dengan 27 jenis di antaranya hanya dapat ditemukan di Raja Ampat. Selain keanekaragaman jenisnya, Raja Ampat juga memiliki air yang jernih dan terumbu karang yang indah.