3 Juni Hari Sepeda Sedunia, Ini 10 Fakta Menarik tentang Sepeda

By Grace Eirin, Jumat, 3 Juni 2022 | 12:30 WIB
3 Juni diperingati sebagai Hari Sepeda Sedunia. (Markus Spiske/pexels)

Bobo.id - Teman-teman, tahukah kamu, sejak tahun 2018 setiap tanggal 3 Juni masyarakat dunia memperingati Hari Sepeda Sedunia.

Tahun ini, World Bicycle Day 2022 merupakan perayaan kelima sejak Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan 3 Juni sebagai Hari Sepeda Sedunia.

Penetapan World Bicycle Day, berlandaskan hasil dari kampanye Profesor Leszek Sibilski dan dukungan dari Turkmenistan dan 56 negara lain untuk Hari Sepeda Sedunia.

Awalnya, Sibilski yang tinggal di Amerika Serikat memprakarsai kampanye untuk mempromosikan resolusi PBB yang akan menetapkan hari untuk advokasi dan perayaan sepeda sederhana di seluruh dunia.

Pada 2015, Sibilski mendedikasikan dirinya untuk sebuah proyek akademis, yaitu mengeksplorasi sepeda dan perannya dalam pembangunan.

Pada 12 April 2018, PBB akhirnya menyatakan 3 Juni sebagai Hari Sepeda Sedunia atas kesepakatan suara bulat oleh 193 negara anggota Majelis Umum PBB.

Penetapan Hari Sepeda Sedunia disambut baik oleh Turkmenistan dan 56 negara lainnya. Nah, ternyata sepeda telah dikenal dan populer di kalangan masyarakat dunia sejak 1870-an, lo. 

Kamu bisa memeriksa kebenarannya dari fakta-fakta menarik tentang sepeda berikut ini. Yuk, simak!

Fakta tentang Sepeda

Baca Juga: Padahal Nomor 2 Terpanjang di Dunia, Ternyata Tidak Ada Jembatan di Sepanjang Sungai Amazon

1. Cikal Bakal Sepeda berasal dari Jerman

Pada tahun 1817, seorang baron dari Jerman bernama Karl von Drais menemukan kereta tanpa kuda yang membantunya berkeliling dengan cepat.