Bukan Borobudur atau Prambanan, Ternyata Ini Candi Tertua di Indonesia

By Amirul Nisa, Senin, 6 Juni 2022 | 19:35 WIB
Mengenal Candi Jiwa, candi tertua di Indonesia. (Creative Commons/Photo Dharma)

Bobo.id - Saat membicarakan candi, teman-teman pasti akan langsung teringat dengan dua candi terkenal yaitu Prambanan dan Borobudur.

Tapi ternyata dua candi itu bukanlah candi pertama yang ada di Indonesia, lo. Candi tertua di Indonesia justru tidak berada dekat dengan Candi Prambanan ataupun Borobudur.

Candi tertua itu berlokasi di Karawang, Jawa Barat yang juga terkenal dengan penghasil beras.

Bahkan karawang memiliki julukan sebagai lumbung beras nasional karena banyaknya lahan persawahan yang bisa mencukupi kebutuhan beras negara.

Selain itu, wilayah Karawang juga sering disebut dalam sejarah kemerdekaan Indonesia sebagai tempat penculikan Presiden Pertama Indonesia Ir. Soekarno yaitu Rengasdengklok, Karawang.

Seiring berjalannya waktu mulailah ditemukan beberapa situs bersejarah hingga menjadi tempat potensi sumber daya arkeolog.

Berikut teman-teman akan berkenalan dengan candi tertua yang ada di Indonesia yang berlokasi di Karawang.

Candi Tertua di Indonesia

Candi itu berlokasi di Karawang yang bernama Batujaya I atau Candi Jiwa.

Baca Juga: Jadi Warisan Dunia, Bagaimana Asal Usul Terbentuknya Candi Borobudur?

Selain menjadi lokasi candi tertua, Karawang juga dikenal sebagai kota tua di Pulau Jawa. Karena itu, di lokasi tersebut ditemukan puluhan candi kuno peninggalan Kerajaan Tarumanegara.

Hasil penelitian sejumlah arkeolog menunjukkan puluhan candi tersebut dibangun pada abad keempat Masehi. Candi di sana juga disebut-sebut jadi yang tertua di Indonesia.