Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI, Apa Pengaruh Wisatawan Mancanegara terhadap Kehidupan Ekonomi Suatu Negara?

By Thea Arnaiz, Jumat, 10 Juni 2022 | 08:30 WIB
Negara di kawasan Asia Tenggara juga mempunyai hasil perekonomian yang berbeda-beda, salah satunya dari sektor pariwisata. (Foto oleh Asad Photo Maldives: https://www.pexels.com/id-id/foto/alam-pantai-liburan-pasir-9482122/)

Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD/MI tema Bumiku, subtema 3, bumi, matahari, dan bulan, tepatnya halaman 123, materinya adalah pengaruh kondisi geografis dengan kehidupan ekonomi masyarakat di kawasan Asia Tenggara.

Sebelum mengerjakan soaln dan menemukan kunci jawabannya, teman-teman dapat menyimak materinya secara singkat terlebih dahulu.

Sebagian besar negara-negara di kawasan Asia Tenggara mempunyai kondisi geografis yang hampir sama.

Hal ini karena Asia Tenggara masih berada di sekitar garis ekuator yang menyebabkan curah hujan dan penyinaran matahari yang sama.

Tetapi, akibat pembagian wilayah, masyarakat yang ada di Asia Tenggara mempunyai kondisi geografis dan sumber daya alam yang berbeda untuk dimanfaatkan.

Sehingga, setiap negara di kawasan Asia Tenggara juga mempunyai hasil perekonomian yang berbeda-beda.

Apalagi, jika ada sektor wisata di negara tersebut, maka penghasilan ekonominya juga bergantung pada penghasilang kunjungan tempat wisata.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang pengaruh kondisi geografis dengan kehidupan ekonomi masyarakat di kawasan Asia Tenggara, kita bisa mengerjakan soalnya dan membaca teks berikut.

Baca Juga: Struktur Announcement Text dan Contohnya, Materi Writing Bahasa Inggris

Sebagian besar negara-negara anggota ASEAN memiliki kenampakan alam yang berbeda-beda dan memiliki keunikan serta keindahan alamnya masing-masing. Keindahan kenampakan alam tersebut tidak sedikit yang dijadikan sebagai objek wisata andalan negara masing-masing. Dari sektor pariwisata ini dapat mendatangkan devisa atau penghasilan negara melalui kedatangan para turis ke negara-negara anggota ASEAN. Perhatikan grafik berikut. 

 

Kunjungan wisatawan mancanegara ke negara-negara ASEAN. (Asean Secretary)

1. Negara manakah yang mendapatkan devisa atau penghasilan negara tertinggi dari sektor pariwisata?