Apa Penyebab Kelangkaan Sumber Daya Alam? Ini Penjelasannya

By Thea Arnaiz, Kamis, 9 Juni 2022 | 18:20 WIB
Salah satu penyebab kelangkaan sumber daya alam adalah menipisnya pasokan sumber daya alam yang kita manfaatkan. (Foto oleh Kelly L: https://www.pexels.com/id-id/foto/iklim-pemandangan-alam-langit-4394351/)

 

Bobo.id - Salah satu penyebab kelangkaan sumber daya alam adalah menipisnya pasokan sumber daya alam yang kita manfaatkan.

Kelangkaan sumber daya alam terjadi ketika sumber daya yang kita konsumsi mulai menipis dan tidak bisa diperbarui dengan cepat.

Manusia pun tidak bisa membantu pembentukan sumber daya alam itu, sehingga perlu mencari sumber daya alternatif yang dapat diperbarui.

Oleh karena itu, semua sumber daya yang langka di bumi ini, pasokannya semakin menipis dan membuat harganya semakin mahal.

Selain menipisnya pasokan, apakah ada faktor lain yang menyebabkan sumber daya alam menjadi langka? Tentu saja ada, untuk mengetahuinya simaklah penjelasan berikut. 

Faktor-Faktor Penyebab Kelangkaan Sumber Daya Alam 

1. Overpopulasi 

Overpopulasi adalah kelebihan jumlah manusia yang tinggal di bumi. Menurut The World Bank, jumlah manusia yang ada di dunia ini sekitar 7,7 miliar, lo!

Tapi, sayangnya peningkatan populasi manusia disertai kelangkaan sumber daya alam.

Baca Juga: Mengenal 6 Potensi Sumber Daya Alam Dataran Rendah

Sehingga, kebutuhan manusia yang bergantung pada sumber daya alam tidak semuanya bisa terpenuhi.

Oleh karena itu, kelangkaan sumber daya alam akan terus terjadi jika populasi manusia semakin meningkat dan tidak terkontrol.