Cara Mengurangi Penggunaan Pembungkus Plastik Bubble Wrap, Materi Kelas 6 SD/MI Tema Bumiku

By Thea Arnaiz, Sabtu, 11 Juni 2022 | 08:30 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 tema bumiku, cara mengurangi penggunaan pembungkus plastik bubble wrap ketika belanja daring. (Foto oleh Max Fischer: https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-yang-duduk-di-kursi-depan-meja-5212331/)

Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD/MI tema Bumiku, subtema 3, bumi, matahari, dan bulan, tepatnya halaman 123, materinya adalah tanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan.

Sebelum mengerjakan soal, teman-teman dapat menyimak materinya secara singkat terlebih dahulu.

Selain menerima hak, sebagai warga negara yang baik kita juga harus melakukan kewajiban.

Salah satu kewajiban yang harus kita lakukan adalah menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

Lingkungan adalah yang ada di sekitar kita, baik manusia, hewan, tumbuhan, air, tanah, dan udara.

Oleh karena itu, agar lingkungan tetap nyaman dan sehat, buanglah sampah pada tempatnya, memilah sampah, dan melakukan penghijauan hutan.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang tanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan, kita bisa membaca teks berikut dengan saksama dan mengerjakan soalnya.

Apakah teman-teman sudah selesai mengerjakan soal-soalnya? Kalau sudah, coba cocokkan dengan kunci jawaban di bawah ini, ya. 

Teks bacaan: 

Baca Juga: Contoh Soal Bahasa Inggris 'Past Tense' Beserta Jawabannya

Jual beli barang secara daring saat ini semakin marak. Adanya pembatasan kegiatan selama pandemi COVID-19 membuat perilaku berbelanja masyarakat beralih barang-barang yang berisiko rusak atau pecah, seperti barang elektronik ukuran kecil, perabot dari kaca, atau makanan, penjual menawarkan fasilitas pembungkusan ekstra. Bungkus ekstra yang digunakan umumnya terbuat dari plastik berisi gelembung-gelembung udara (bubble wrap). Cara ini dapat membantu kita dalam menjaga kondisi barang yang dibeli dari penjual yang berada di tempat yang jauh. Namun, jumlah plastik yang dihasilkan juga menjadi semakin banyak dengan adanya pembungkus ekstra ini. 

1. Apakah kegiatan belanja di toko secara langsung dapat mengurangi penggunaan pembungkus plastik berupa bubble wrap? Jelaskan alasanmu.