Hari Ini Ada Hujan Meteor Bootid, Bisakah Kita Menyaksikannya?

By Grace Eirin, Senin, 27 Juni 2022 | 13:00 WIB
Hujan meteor Bootid terjadi pada hari ini, Senin (27/6/2022) dan dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia. (Neale LaSalle/pexels)

Bobo.id - Salah satu fenomena langit tahun ini yaitu Hujan Meteor Bootid terjadi hari ini, Senin (27/6/2022).

Menurut Peneliti Pusat Sains Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang, sebenarnya fenomena hujan meteor Bootid telah berlangsung sejak 2 Juni 2022 hingga 6 Juli 2022. 

Yang terjadi pada hari ini adalah puncak fenomena hujan meteor Bootid, dan dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia. 

Jika masyarakat ingin menyaksikan hujan meteor Bootid ini, maka tidak perlu menggunakan alat khusus, atau dapat dilihat langsung. 

Puncak fenomena yang akan terjadi besok malam ini juga dapat disaksikan secara optimal lantaran tidak dipengaruhi oleh intervensi cahaya Bulan.

Bapak Andi Pangerang menjelaskan bahwa hujan meteor Bootid dapat disaksikan secara langsung jika cuaca cerah, medan pandang bebas penghalang dan polusi udara.

Lalu, dari manakah kita bisa menyaksikan fenomena hujan meteor Bootid ini? 

Menurut Pak Andi, puncak hujan meteor Bootid dapat disaksikan dari arah Timur Laut sekitar 30 menit setelah Matahari terbenam.

Kemudian, puncak hujan meteor terjadi di Utara pada pukul 20.30 waktu setempat, sebelum akhirnya tenggelam di Barat Laut pada pukul 02.00 keesokan hari.

Baca Juga: Hanya 9 Tahun Sekali, Jangan Lewatkan 3 Fenomena Astronomi Langka Ini pada Bulan Juni-Juli

Meskipun kita bisa menyaksikannya secara langsung, kecepatan hujan meteor ini tergolong sangat tinggi, yaitu mencapai puluhan ribu kilometer per jam. 

Bagi masyarakat yang ingin mengabadikan fenomena ini melalui video, Pak Andi menyarankan untuk memasang kamera all-sky dengan medan pandang 360 derajat dan dihadapkan ke zenit (titik di atas kepala).