Contoh Soal dan Pembahasan Materi tentang Pertempuran 11 November 1945

By Amirul Nisa, Jumat, 1 Juli 2022 | 20:15 WIB
Pertempuran 10 November 1945 menjadi salah satu peristiwa sejarah yang penting. (Creative commons/Ezagren)

Bobo.id - Dalam memperjuangkan kemerdekaan para pahlawan Indonesia bayak melalui berbagai pertempuran termasuk pertempuran 10 November.

Pertempuran yang terjadi setelah proklamasi kemerdekaan itu cukup terkenal dan memberikan dampak pada kemerdekaan Indonesia.

Untuk mempelajari lebih jauh teman-teman bisa memahami contoh soal dan pembahasan berikut.

1. Mengapa terjadi pertempuran 10 November?

Pembahasan

Walau penyebab utama pertempuran 10 November masih simpang siur, ada beberapa penyebab yang membuat pertempuran itu akhirnya terjadi.

Pertama adalah insiden yang terjadi di Hotel Yamato dengan adanya bendera Belanda yang dikibarkan sebulan setelah proklamasi kemerdekaan dikumandangkan.

Pengibaran bendera itu membuat masyarakat marah padahal pemerintah sedang banyak memberikan sosialisasi tentang Bendera Merah Putih.

Pengibaran bendera itu terjadi setelah tentara Inggris yang tergabung dalam Allied Forces Netherlands East Indies (AFNEI) datang untuk menyita senjata tentara Jepang.

Baca Juga: Contoh Soal dan Pembahasan tentang Penyesuaian Diri Makhluk Hidup Terhadap Lingkungannya, Materi Sains Kelas 6 SD/MI

Namun hal itu ternyata diikuti dengan niat mengambil Indonesia untuk kembali ke bawah pimpinan Belanda.

Adanya bendera Belanda itu membuat masyarakat marah dan Residen Soedirman yang bertemu dengan perwakilan Inggris dan Belanda berunding untuk menurunkan bendera.