Sudah Punah, Ini 5 Fakta Unik Burung Woodpecker yang Jarang Orang Tahu #AkuBacaAkuTahu

By Thea Arnaiz, Jumat, 1 Juli 2022 | 19:45 WIB
Sudah dinyatakan punah, ketahui fakta-fakta unik dari burung woodpecker. (Foto oleh Aaron J Hill/pexels)

Bobo.id - Apakah teman-teman dulunya pernah melihat animasi Woody Woodpecker? Karakter Woody Woodpecker sendiri terinspirasi dari burung pelatuk atau Picidae yang langka. 

Burung pelatuk atau woodpecker ini mempunyai bulu berwarna merah yang cerah di kepalanya dan bulu berwarna kecokelatan, hitam, dan putih di bagian badannya.

Burung woodpecker sebenarnya sudah dikategorikan sebagai spesies burung terancam punah sejak 1967, akibat kondisi perang dunia yang sedang berlangsung.

Sejak saat itulah, populasi woodpecker semakin menyusut, hingga akhirnya konservasi burung National Audubon Society pada 2021 menyatakan spesies ini sudah punah.

Alasannya, karena tidak lagi ditemukan tanda-tanda kehidupannya di alam bebas. Untuk itu, teman-teman bisa mengetahui tentang fakta unik mengenai burung pelatuk ini. Yuk, simak! 

Fakta-Fakta Unik tentang Burung Woodpecker 

1. Habitat Burung Woodpecker 

Burung woodpecker menyukai habitat hutan pohon pinus atau rawa-rawa dengan pepohonan yang berkayu keras.

Sebelum adanya perang dunia, burung woodpecker banyak ditemukan di wilayah Amerika Serikat bagian selatan yang banyak ditumbuhi hutan kayu keras.

Baca Juga: Apakah Semua Burung Hantu Keluar di Malam Hari Seperti dalam Dongeng? #MendongengUntukCerdas

Bahkan, pada sat itu bisa ditemukan sampai wilayah Kuba di Amerika Selatan.

Tetapi, saat ini hutan berkayu keras sudah banyak digunduli untuk memenuhi kebutuhan industri manusia. Akibatnya, burung woodpecker semakin langka dijumpai setiap harinya.