Unik! Dulu Mouse Ternyata Dibuat dengan Kayu Beroda, Ini Faktanya

By Grace Eirin, Selasa, 5 Juli 2022 | 19:30 WIB
Mouse atau tetikus merupakan perangkat keras (hardware) yang berguna untuk mengarahkan kursor pada layar. (Vojtech Okenka/pexels)

Bobo.id - Mouse atau tetikus bukan suatu hal yang asing bagi para pengguna komputer dan laptop. 

Baik di sekolah maupun di rumah, teman-teman pasti menggunakan mouse untuk membantu mengarahkan kursor pada layar komputer. 

Mouse yang termasuk ke dalam perangkat keras komputer ini juga wajib ada saat kita menggunakan komputer. 

Sebab, komputer tidak memiliki touchpad seperti laptop. Sehingga, satu-satunya cara agar kita bisa klik dan arahkan kursor pada layar monitor komputer adalah dengan menggunakan mouse.

Namun, pernahkah kamu tahu bagaimana awal mula manusia menemukan mouse untuk membantu kita mengoperasikan komputer? Yuk, cari tahu!

Idenya Ada Sejak 1960-an

Dilansir dari Kompas.com, awal mula ide pembuatan mouse diprakarsai oleh seorang teknisi komputer bernama Douglas Engelbart. 

Pada tahun 1967, Engelbart mengajukan sebuah paten yang menampilkan cara kerja sebuah periferal komputer yang bisa menunjukkan indikator gerakan berdasarkan sumbu "X" (horisontal) dan "Y" (vertikal) di layar komputer.

Periferal adalah perangkat tambahan pada komputer yang digunakan untuk membantu pengguna komputer.

Baca Juga: Bagaimana Cara Download dan Install Canva di Laptop?

Namun Engelbart belum memberikan penamaan khusus untuk patennya. Kemudian paten disetujui oleh kantor paten setempat tiga tahun setelah diajukan, tepatnya pada 1970.

Berbentuk seperti Kotak Kayu