Contoh Penerapan Sila ke-1 Pancasila di Lingkungan Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat, Materi Kelas 5 SD Tema 1

By Fransiska Viola Gina, Senin, 18 Juli 2022 | 11:00 WIB
Contoh penerapan sila pertama Pancasila di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. (freepik/rawpixel-com)

Bobo.id - Pada materi kelas 5 SD Tema 1, teman-teman akan belajar tentang penerapan sikap sila yang tercantum dalam Pancasila

Pancasila merupakan salah satu pedoman hidup yang harus diterapkan oleh masyarakat Indonesia dalam perilaku sehari-hari. 

Kata Pancasila sendiri berasal dari dua kosakata yang berasal dari Bahasa Sanskerta, teman-teman. 

Ada kata "panca" yang memiliki arti lima dan "sila" yang memiliki arti sebagai sebuah aturan atau petunjukyang dapat dijadikan dasar. 

Sila pertama dalam Pancasila berbunyi "Ketuhanan yang Maha Esa" yang mencerminkan bahwa Indonesia tidak berlandaskan satu agama tertentu saja. 

Sila pertama Pancasila memberikan pengajaran serta anjuran kepada para pemeluk agama untuk menaati norma kehidupan beragama. 

Selain itu, pada sila pertama Pancasila terdapat makna bahwa dalam kehidupan bermasyarakat pastilah ada perbedaan kepercayaan dan agama. 

Untuk itulah, kita diharapkan dapat hidup bersama dengan damai dan bahkan saling membantu satu sama lain. 

Berikut adalah perilaku yang mencerminkan nilai Sila Pertama Pancasila di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Simak, yuk!

Baca Juga: Contoh Soal dan Pembahasan tentang Penerapan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari, Materi PPKn Kelas 6 SD/MI

Penerapan Pancasila Sila ke-1 di Lingkungan Keluarga

- Senantiasa bersikap jujur dan berbicara apa adanya dengan orang tua.