Penjelasan Lengkap tentang ANBK dan Jadwal Pelaksanaannya pada 2022

By Thea Arnaiz, Selasa, 26 Juli 2022 | 15:43 WIB
ANBK adalah program untuk mengukur hasil pembelajaran, cari tahu pengertiannya dan jadwal pelaksanannya. (Foto oleh Norma Mortenson/pexels)

Bobo.id - Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) akan disegera dilaksanakan oleh pemerintah pada jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

ANBK sendiri adalah program evaluasi pendidikan yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengetahui hasil proses pembelajaran pada tingkat satuan pendidikan.

Untuk mengetahui lebih lanjut apa itu ANBK, teman-teman bisa menyimak penjelasannya seperti berikut. 

Pengertian ANBK 

ANBK dulunya lebih dikenal dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Program ini dilakukan secara online maupun semi online pada setiap jenjang pendidikan.

Dengan adanya ANBK, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan mengetahui sejauh mana hasil proses belajar mengajar yang selama ini dilaksanakan.

Sehingga, akan menentukan langkah selanjutnya untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Instrumen ANBK

Penilaian ANBK sendiri diambil dari tiga instrumen, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), survei karakter, dan survei lingkungan belajar. 

Baca Juga: Ukur Literasi Membaca Siswa, Ini 3 Instrumen dalam ANBK 2022

1. Asesmen Kompetensi Minimum 

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) ini adalah instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat literasi membaca dan literasi matematika peserta didik.