Letak Geografis Negara-Negara yang Tergabung dalam ASEAN, dan Kondisi Alamnya

By Grace Eirin, Minggu, 31 Juli 2022 | 07:00 WIB
Letak geografis negara-negara di ASEAN dan kondisi alamnya tidak banyak berbeda. (Freepik/Map Vector)

Bobo.id - Teman-teman, bisakah kamu menyebutkan bagaimana letak  letak geografis negara-negara yang tergabung dalam ASEAN? 

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, mari kita ingat lagi apa itu ASEAN dan negara-negara apa saja yang menjadi anggotanya. 

ASEAN disebut juga Association of South East Asian Nations merupakan organisasi yang beranggotakan negara-negara di Asia Tenggara. 

ASEAN sendiri berdiri pada 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. 

Setiap negara yang tergabung dalam ASEAN saling bekerja sama dari berbagai bidang untuk membantu kemajuan masing-masing negara. 

Adapun anggota ASEAN yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja. 

Kerja sama yang terjadi di antara negara-negara ASEAN juga dipengaruhi oleh letak astronomis dan geografis masing-masing negara. 

Nah, berikut ini penjelasan lengkap tentang letak geografis dan kondisi alam negara-negara yang tergabung ASEAN. Yuk, simak!

1. Indonesia

Baca Juga: 3 Jenis Iklim di Indonesia: Iklim Tropis, Muson, dan Laut

Negara Indonesia terletak di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Australia serta di antara dua samudra, yaitu Samudra Pasifik dan Hindia. 

Hampir semua negara-negara yang tergabung dalam ASEAN memiliki sumber daya alam berupa bahan tambang.