Penjelasan Lengkap, Struktur, dan Ciri-Ciri dari Teks Eksplanasi, Materi Kelas 6 SD/MI

By Thea Arnaiz, Jumat, 12 Agustus 2022 | 11:30 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD/MI, dengan mengetahui penjelasan lengkap mengenai teks eksplanasi, dari ciri-ciri hingga strukturnya. (Gustavo Fring/pexels)

Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 SD/MI tema globalisasi, subtema 1 globalisasi di sekitarku, pembelajaran Bahasa Indonesia, materinya adalah teks eksplanasi, tepatnya halaman 17.

Sebelum menemukan kunci jawabannya, teman-teman dapat menyimak materinya secara singkat terlebih dahulu.

Tanpa disadari, hampir semua dari kita sudah pernah membaca teks eksplanasi yang ada di buku, majalah, koran, ataupun di internet.

Selain itu, dengan teks eksplanasi kita bisa menambah wawasan, karena dapat menjelaskan suatu peristiwa yang sebelumnya tidak kita ketahui.

Tidak hanya membaca, teks eksplanasi juga bisa kita buat sendiri dengan mencari berbagai macam sumber informasi dari buku ataupun internet.

Untuk mengetahui lebih lanjut, kerjakanlah soalnya yang ada di buku. Apakah teman-teman sudah selesai mengerjakan soal-soalnya?

Kalau sudah, coba cocokkan dengan kunci jawaban di bawah ini, ya. 

Sebutkan penjelasan, struktur, dan ciri-ciri teks eksplanasi. 

Jawaban: 

Menurut Barwick, teks eksplanasi adalah sebuah teks yang menjelaskan dan mendeskripsikan suatu proses kejadian yang ada di dunia ini dan bisa diamati oleh manusia.

Oleh karena itu, teks eksplanasi berarti juga suatu teks yang menjelaskan secara berurutan suatu fenomena disertai alasannya, serta sebab-akibat.

Baca Juga: Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD Tema 3, Informasi Penting dalam Teks Eksplanasi ‘Rangkaian Lampu di Kelasku’