Mempelajari tentang Ciri-Ciri dan Tujuan dari Sebuah Teks Deskripsi

By Amirul Nisa, Selasa, 16 Agustus 2022 | 13:30 WIB
Mengenal teks deskripsi dari ciri hingga tujuan dibuatnya. (PIXABAY/congerdesign)

Bobo.id - Teks deskripsi merupakan salah satu jenis teks yang banyak digunakan dan diajarkan pada materi Bahasa Indonesia kurikulum merdeka, kelas 1 SMP.

Pada pelajaran Bahasa Indonesia, teman-teman pasti pernah dikenalkan beragam jenis teks yang beragam.

Salah satu jenis teks yang cukup sering diajarkan adalah teks deksripsi yang memberikan berbagai informasi lengkap.

Berikut teman-teman akan dikenalkan tentang teks ini dari ciri hingga tujuan penggunaan.

Dengan begitu, teman-teman bisa dengan mudah mengenali jenis teks deskripsi atau justru mencoba membuatnya.

Pengertian Teks Deskripsi

Secara etimologi, deskripsi berasal dari bahasa latin yaitu describere yang berarti menggambarkan atau memberikan penjalasan mengenai sesuatu.

Kemudian, ada juga penjelasan tentang teks deskripsi dari seorang pakar lingustik bahasa Indonesia, yaitu Henry Guntur Tarigan.

Henry Guntur Tarigan menilai deskripsi merupakan tulisan yang bisa menggambarkan sebuah cerita dengan tujuan menjaga pembaca agar bisa memahami, merasakan, dan menikmati sesuatu yang dibicarakan di dalam teks, seperti aktivitas, emosi, dan lain sebagainya.

Ahli bahasa Gorsy Keraf, juga memiliki pandangan tentang deskripsi yang merupakan suatu tulisan yang digunakan untuk menyampaikan hal atau objek yang dibicarakan sehingga pembaca bisa seperti melihat sendiri objek yang digambarkan tersebut secara langsung.

Jadi dari semua pengertian itu, teks deskripsi bisa diartikan sebagai teks yang ide utamanya merupakan penyampaian atau penjelasan dengan cara menggambarkan objek, tempat, atau peristiwa tertentu dengan sangat rinci.

Baca Juga: Mengenal Pengertian dan Unsur dari Teks Deskripsi