Faktor Apa Saja yang Menyebabkan Inflasi Terjadi di Suatu Negara?

By Grace Eirin, Jumat, 19 Agustus 2022 | 14:32 WIB
Inflasi adalah kemerosotan nilai uang karena banyaknya dan cepatnya uang beredar sehingga menyebabkan naiknya harga barang-barang. (Burak The Weekender/pexels)

Bobo.id - Teman-teman, pernahkah kamu menemukan kata atau istilah inflasi ketika membaca berita? 

Meskipun inflasi bukan topik yang biasa dibicarakan anak-anak, namun kita tetap harus tahu apa yang dimaksud dengan inflasi. 

Sebab, ketika kita belajar tentang pengertian dan penyebab inflasi, kita juga bisa tahu mengapa barang-barang di sekitar kita mengalami kenaikan harga

Secara tidak langsung, inflasi ini dapat memengaruhi nilai harga barang-barang yang kita beli dan konsumsi, lo. 

Misalnya, minggu lalu kita membeli kue pukis di kantin sekolah dengan harga Rp500, namun bulan depan, harganya naik menjadi Rp1000. 

Maka, kita akan bertanya-tanya, mengapa harga kue pukis bisa naik? Bisa jadi, harga bahan baku seperti tepung dan gula di pasar juga sedang naik.

Oleh sebab itu, kenaikan harga pukis bisa termasuk dampak dari inflasi, teman-teman. 

Yuk, cari tahu tentang inflasi dan faktor apa saja yang menyebabkan inflasi dapat terjadi di suatu negara!

Apa itu Inflasi? 

Menurut KBBI, inflasi adalah kemerosotan nilai uang (kertas) karena banyaknya dan cepatnya uang (kertas) beredar sehingga menyebabkan naiknya harga barang-barang. 

Sedangkan menurut Bank Indonesia, inflasi dapat diartikan sebagai kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu. 

Baca Juga: Sosok Cut Nyak Meutia, Pahlawan Perempuan di Uang Baru 2022