Mengapa Semakin Sering Kita Menggunakan Energi Listrik, Biaya yang Kita Keluarkan Semakin Besar? Materi Kelas 6 SD/MI

By Thea Arnaiz, Selasa, 23 Agustus 2022 | 10:30 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD/MI, mengapa penggunaan energi yang besar juga membebani biaya listrik. (Foto oleh Jan van der Wolf/pexels)

 

Bobo.id - Setiap hari kita menggunakan energi listrik agar bisa beraktivitas, seperti menyalakan lampu, kipas angin, dan lain sebagainya.

Jika diperhatikan, semakin banyak kita menggunakan energi listrik, semakin banyak juga biaya yang harus kita keluarkan.

Kenapa bisa begitu, ya? Hal ini akan dibahas pada pelajaran tematik kelas 6 SD/MI tema globalisasi, subtema 3 globalisasi dan cinta tanah air, pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), materinya adalah sumber energi listrik, tepatnya halaman 70.

Sebelum mengerjakan soal latihan dan menemukan kunci jawabannya, teman-teman dapat menyimak materinya secara singkat terlebih dahulu. 

Sumber energi listrik setidaknya ada empat, yaitu generator, baterai, aki, dan dinamo sepeda. Generator, digunakan sebagai sumber tenaga listrik yang besar dibandingkan lainnya.

Agar bisa menghasilkan listrik, harus digerakkan baik menggunakan tenaga air, uap, diesel, surya, ataupun batu bara.

Sehingga, bisa mengalirkan listrik ke rumah-rumah penduduk. Untuk mengetahui lebih lanjut, kerjakanlah soalnya yang ada di buku.

Apakah teman-teman sudah selesai mengerjakan soal-soalnya? Kalau sudah, coba cocokkan dengan kunci jawaban di bawah ini, ya. 

Mengapa semakin sering kita menggunakan energi listrik biaya yang kita keluarkan semakin besar? 

Jawaban: 

Semakin banyak dan sering menggunakan energi listrik, biaya listrik yang harus kita bayarkan semakin besar. Berikut, cara kerja harga listrik yang harus diketahui, yaitu: 

Baca Juga: Contoh Soal dan Pembahasan Materi Penjumlahan Bilangan Positif dan Negatif