Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI, Apa Bentuk Kerja Sama Indonesia dengan Anggota ASEAN dalam Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi?

By Thea Arnaiz, Rabu, 24 Agustus 2022 | 09:00 WIB
Kunci jawaban apa saja bentuk kerja sama Indonesia dengan negara ASEAN dalam bidang ilmu pengetahuan teknologi, materi kelas 6 SD/MI. (Foto oleh MART PRODUCTION/pexels)

 

Bobo.id - Negara-negara di kawasan Asia Tenggara membentuk organisasi, yaitu ASEAN dengan disepakatinya Deklarasi Bangkok, pada 8 Agustus 1967.

Perhimpunan ini tentu membawa keuntungan bagi negara-negara yang tergabung, termasuk Indonesia.

Indonesia bekerja sama dengan negara-negara ASEAN lain, sehingga bisa menyejahterakan masyarakatnya.

Kerja sama antara Indonesia dengan negara-negara ASEAN akan dibahas pada pelajaran tematik kelas 6 SD/MI tema globalisasi, subtema 3 globalisasi dan cinta tanah air, pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), materinya adalah peran Indonesia dalam kerja sama dengan negara ASEAN, tepatnya halaman 70.

Sebelum mengerjakan soal latihan dan menemukan kunci jawabannya, teman-teman dapat menyimak materinya secara singkat terlebih dahulu.

Sebagaimana tertuang dalam Deklarasi Bangkok, tujuan didirikannya ASEAN adalah untuk membantu anggotanya dalam bidang ekonomi, sosial, kebudayaan, keamanan, hingga ilmu pengetahuan.

Oleh karena itu, kerja sama dibutuhkan sehingga negara-negara ASEAN tidak ketinggalan dari negara-negara lain.

Indonesia sebagai salah satu negara pendiri pun turut berperan aktif, misalnya mendukung MEA, perjanjian ekstradisi, mengirim duta, hingga terlibat dalam program penelitian.

Untuk mengetahui lebih lanjut, kerjakanlah soalnya yang ada di buku. Apakah teman-teman sudah selesai mengerjakan soal-soalnya?

Kalau sudah, coba cocokkan dengan kunci jawaban di bawah ini, ya. 

Bentuk kerja sama apa saja yang dilakukan Indonesia dengan anggota ASEAN dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi? 

Baca Juga: Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI, Apa Saja Manfaat dari Kerja Sama MEA?