Mengapa Kita Harus Bangga Menjadi Warga Negara Indonesia? Materi Kelas 6 SD/MI

By Thea Arnaiz, Rabu, 24 Agustus 2022 | 10:45 WIB
Kunci jawaban 6 SD/MI tema globalisasi, alasan kenapa kita harus bangsa menjadi warga negara Indonesia. (Foto oleh Dio Hasbi Saniskoro/pexels)

 

Bobo.id - Setiap hari Senin, teman-teman pasti melakukan upacara bendera untuk mengingat jasa-jasa pahlawan dalam meraih kemerdekaan bangsa Indonesia.

Selain itu, upacara bendera juga bisa menumbuhkan rasa cinta tanah air, tempat di mana kita lahir, tumbuh, dan banyak belajar.

Dengan cinta tanah air, berarti kita sudah menjadi warga negara yang baik. Lalu, apa saja tindakan lain yang mewujudkan rasa cinta tanah air, ya?

Pembahasan cinta tanah air ini akan dibahas pada pelajaran tematik kelas 6 SD/MI tema globalisasi, subtema 3 globalisasi dan cinta tanah air, pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), materinya adalah cinta tanah air, tepatnya halaman 74.

Sebelum mengerjakan soal latihan dan menemukan kunci jawabannya, teman-teman dapat menyimak materinya secara singkat terlebih dahulu.

Cinta tanah air adalah perasaan yang timbul dari dalam hari sanubari seorang warga negara, untuk mengabdi, memelihara, membela, melindungi tanah airnya dari segala ancaman dan gangguan.

Perilaku cinta tanah air tercermin ketika warga negara membela tanah airnya, menjaga dan melindungi tanah airnya, rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negaranya, serta melestarikan adat atau budaya yang ada di negaranya.

Dengan cinta tanah air, negara akan aman dan damai, pembangunan nasional berjalan lancar, dan kesejahteraan warga negaranya meningkat.

Untuk mengetahui lebih lanjut, kerjakanlah soalnya yang ada di buku. Apakah teman-teman sudah selesai mengerjakan soal-soalnya?

Kalau sudah, coba cocokkan dengan kunci jawaban di bawah ini, ya. 

Mengapa kita harus bangga menjadi warga negara Indonesia? 

Baca Juga: Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI, Apa Bentuk Kerja Sama Indonesia dengan Anggota ASEAN dalam Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi?