Apa Perbedaan Sistem Presidensial di Indonesia dengan Sistem Presidensial di Amerika Serikat?

By Thea Arnaiz, Kamis, 1 September 2022 | 14:00 WIB
Kunci jawaban materi PPKn, perbedaan sistem presidensial di Indonesia dan Amerika Serikat. (Foto oleh Sora Shimazaki/pexels)

Bobo.id - Berkat dampak positif globalisasi, teman-teman jadi lebih mudah mendapatkan berbagai macam informasi dari seluruh dunia.

Misalnya, untuk mencari tahu sistem pemerintahan di negara lain, seperti Amerika Serikat.

Ternyata, negara yang ada di benua Amerika itu menggunakan sistem presidensial sama seperti Indonesia pada masa awal kemerdekaan dan sekarang, lo.

Tapi, apa perbedaan sistem presidensial yang digunakan pemerintah Amerika Serikat dengan negara Indonesia, ya?

Permasalahan ini akan dibahas dalam pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kelas 8 SMP kurikulum merdeka, bab 3: tata negara dan pemerintahan.

Materinya adalah sistem pemerintahan, tepatnya halaman 55. Nantinya kita akan mengerjakan soal dan menemukan kunci jawabannya.

Namun, sebelum menemukan kunci jawabannya, teman-teman dapat menyimak materinya secara singkat terlebih dahulu.

Secara umum, ada dua sistem pemerintahan yang digunakan oleh suatu negara, yaitu sistem presidensial dan sistem parlementer.

Sistem presidensial, presiden berfungsi sebagai kepala negara sekaligus kepala pemerintahan. Presiden dibantu oleh sejumlah menteri yang diangkat oleh presiden.

Para menteri bertanggung jawab kepada presiden, namun presiden tidak bertanggung jawab kepada parlemen.

Sedangkan, sistem parlementer presiden/raja/ratu berfungsi sebagai kepala negara dan perdana menteri berfungsi sebagai kepala pemerintahan.

Baca Juga: Mengapa Harus Menghemat Bahan Bakar Minyak? Materi Kelas 4 SD Tema 2