Contoh Perubahan Energi dalam Kegiatan Sehari-hari, Materi Kelas 4 SD Tema 2

By Grace Eirin, Senin, 5 September 2022 | 12:45 WIB
Menjemur pakaian merupakan salah satu kegiatan di rumah yang membutuhkan sinar matahari. (Muhammadtaha Ibrahim Ma'aji/pexels)

Bobo.id - Manusia membutuhkan energi untuk melakukan beragam kegiatan sehari-hari

Mari kita ingat kembali apa itu energi. Energi adalah daya atau kekuatan yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai proses kegiatan. 

Sumber energi yang ada di bumi yaitu energi matahari, energi angin, energi air, energi listrik, dan energi minyak bumi. 

Seperti yang teman-teman ketahui, sumber energi di atas sangat penting untuk kehidupan manusia. 

Bahkan beberapa di antaranya diubah menjadi energi yang lain untuk membantu berbagai keperluan. Untuk itu, manusia harus menggunakan energi dengan bijak.

Nah, pada pelajaran tematik kelas 4 SD tema 2, kamu harus menyebutkan jenis energi dan perubahan energi pada beberapa kegiatan sehari-hari.

Terdapat tabel dan gambar yang tersedia pada buku tematik kelas 4 SD tema 2 Kurikulum 2013. Lalu, teman-teman harus menyebutkan energi yang digunakan dan contoh perubahannya. 

Yuk, cari kunci jawaban pertanyaan tersebut dari penjelasan berikut ini!

1. Kegiatan Menjemur Ikan

Menjemur merupakan kegiatan memanaskan (mengeringkan) di bawah sinar panas matahari. Sehingga, energi yang digunakan yaitu energi Matahari. 

Adapun perubahan energi yang terjadi pada kegiatan menjemur ikan yaitu energi cahaya dari sinar Matahari yang berubah menjadi energi panas. 

Baca Juga: Cari Jawaban Soal Bab 3: Berpikir Tentang Cara Berhitung, Buku Matematika Kurikulum Merdeka Kelas 4 SD