Macam-Macam Gelar Kebangsawanan di Inggris Beserta Tingkatannya

By Iveta Rahmalia, Minggu, 11 September 2022 | 14:00 WIB
Ada lima gelar kebangsawanan sesuai dengan peerage di Kerajaan Inggris, yakni duke/dutches, marques/marchioness, count/countess, viscount/viscountess, dan baron/baroness. (The Royal Family)

 

Bobo.id - Selain King atau Queen (Raja atau Ratu) dan Prince atau Princess (Pangeran dan Putri), ada lima tingkat kebangsawanan atau peerage yang digunakan dalam Kerajaan Inggris. 

Gelar bangsawan di Inggris ini merupakan bagian dari sistem penghormatan atau pemberian kemuliaan. Pemberian gelar ini dilakukan langsung oleh Raja melalui surat resmi.

Setelah wafatnya Ratu Elizabeth II, kini Kerajaan Inggris dipimpin oleh Raja Charles III. Sementara Pangeran William dan Kate Middelton yang semula bergelar Duke and Duchess of Cambridge, sekarang juga mendapat gelar sebagai Duke and Duchess of Cornwall. 

Duke and Duchess of Cornwall merupakan gelar yang secara tradisional diberikan kepada putra tertua penguasa Inggris dan istrinya.

Tak hanya itu, Pangeran William juga menjadi Duke of Rothesay di Skotlandia bersama gelar lainnya seperti Earl of Carrick, Baron of Renfrew dan Lord of the Isles.

Sementara Kate Middleton juga bisa menggunakan gelar Duchess of Rothesay saat berkunjung ke Skotlandia.

Perubahan gelar ini juga dialami ketiga anak Pangeran William dan Kate Middleton, yakni George, Charlotte, dan Louis. 

Sekarang, gelar George menjadi Prince George from Wales, Louis menjadi Prince Louis form Wales, dan Charlotte menjadi Princess Charlotte from Wales.

Sebelumnya, mereka dikenal sebagai Prince George from Cambridge, Princess Charlotte from Cambridge, dan Prince Louis from Cambridge.

Ada begitu banyak gelar di Kerajaan Inggris, ya, teman-teman? Sekarang kita cari tahu sebenarnya ada gelar apa saja dan bagaimana tingkatannya, yuk!

Tingkatan Gelar Kebangsawanan di Inggris

Berikut ini adalah tingkatan gelar kebangsawanan Inggris yang perlu kamu ketahui.

Baca Juga: Raja Charles III Dijuluki Raja Tertua dalam Sejarah Inggris, Mengapa?