5 Negara serta Perwakilannya yang Terlibat dalam Penandatanganan Deklarasi Bangkok di Thailand

By Thea Arnaiz, Selasa, 13 September 2022 | 10:00 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD/MI, tema wirausaha, negara-negara yang terlibat dalam penandatanganan Deklarasi Bangkok dan perwakilannya. (asean.usmission.gov)

 

Bobo.id - Seperti yang teman-teman ketahui, Indonesia dan negara-negara lain di kawasan Asia Tenggara membentuk sebuah organisasi kerja sama, yaitu ASEAN.

ASEAN (The Association of Southeast Asian Nations) sudah ada sejak 8 Agustus 1967 dengan ditandatanganinya Deklarasi Bangkok di Thailand.

Menurut perjanjian tersebut, Indonesia dan negara-negara lainnya akan saling bekerja sama dalam bidang ekonomi, politik, budaya, keamanan, pendidikan, dan lain-lain.

Sehingga, negara-negara ASEAN tidak kalah bersaing dengan negara-negara lain.

Lalu, siapa saja tokoh perwakilan penandatanganan Deklarasi Bangkok, ya?

Pembahasan tersebut akan dibahas pada pelajaran tematik kelas 6 SD/MI tema wirausaha, subtema 1 kerja keras berbuah kesuksesan.

Pembelajaran Ilmu Pendidikan Sosial (IPS), materinya adalah bentuk-bentuk kerja sama ASEAN, tepatnya halaman 118.

Namun, sebelum mengerjakan soal latihan dan menemukan kunci jawabannya, teman-teman dapat menyimak materinya secara singkat terlebih dahulu.

Deklarasi Bangkok adalah kesepakatan kerja sama negara-negara yang memprakarsai ASEAN.

Karena pada awalnya, ASEAN hanya terdiri dari lima negara, kemudian bertahap disusul oleh negara lain dan sekarang terdiri dari 10 anggota.

Dalam Deklarasi Bangkok, kerja sama dibuat karena perasaan senasib dan berkeinginan untuk menyejahterakan masyarakat ASEAN di segala bidang.

Baca Juga: Mengapa Indonesia Perlu Menjalin Kerja Sama di Bidang Ekonomi Antarnegara Anggota ASEAN?