Ayah dan Ibu, Ini Manfaat Belajar Bahasa Inggris bagi Anak di Era Modern

By Yussy Maulia, Selasa, 13 September 2022 | 16:13 WIB
Ilustrasi belajar bahasa Inggris. (Shutterstock)

Bobo.ID – Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan untuk berkomunikasi dengan masyarakat dari berbagai belahan dunia. Menurut data Statista, bahasa Inggris memiliki jumlah penutur paling banyak di dunia, yaitu sekitar 1,5 miliar.  

Mengingat bahasa Inggris memiliki peran penting sebagai alat komunikasi dengan warga negara lain, maka memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik menjadi sebuah keharusan saat ini.

Kemampuan berbahasa Inggris pun menjadi salah satu bekal untuk mengikuti arus perkembangan zaman melalui banyak sumber pengetahuan, baik dari buku maupun internet.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya apabila Ayah dan Ibu memberi dukungan kepada anak untuk mempelajari bahasa Inggris sejak dini, baik secara autodidak di rumah maupun melalui lembaga atau platform les bahasa Inggris.

Baca Juga: Bagaimana Caranya Meningkatkan Mutu Pendidikan dan Mutu Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak?

Mempelajari bahasa Inggris sejak dini juga memiliki sejumlah manfaat bagi anak. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut Bobo berikan penjelasannya!

1. Memberikan wawasan baru

Mempelajari bahasa baru dapat memberikan wawasan yang lebih luas bagi anak. Saat belajar bahasa Inggris, secara tidak langsung anak turut mempelajari tentang kehidupan dan budaya dari negara-negara lain, mulai dari makanan khas, tempat-tempat bersejarah, hingga letak geografis.

Tak hanya itu, dengan kemampuan berbahasa Inggris yang baik, anak dapat mengakses materi-materi belajar dari luar negeri, seperti buku dan ensiklopedia, sehingga pengetahuannya akan bertambah luas.

2. Meningkatkan kemampuan kognitif

Menurut para peneliti dari Harvard University, anak-anak berusia di bawah 18 tahun umumnya lebih mudah menyerap bahasa baru selain bahasa yang dituturkan oleh ibunya (mother language) daripada kelompok usia lain.

Baca Juga: Seru dan Menambah Pengetahuan, Ini 4 Rekomendasi Film dan Serial Anak di Vidio