Contoh Soal Permasalahan pada Perangkat Keras, Materi Informatika Kurikulum Merdeka

By Niken Bestari, Jumat, 16 September 2022 | 10:45 WIB
Pembahasan soal permasalahan pada perangkat keras, informatika kelas 7 SMP. (Freepik)

Bobo.id - Teman-teman kelas 7 SMP sudah mulai dapat pelajaran informatika. Salah satunya adalah materi perangkat keras komputer.

Untuk bisa berfungsi normal, komputer harus terdiri dari dari dua komponen utama, yakni perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).

Di antara kedua komponen tersebut, perangkat keras komputer atau hardware berperan untuk menghubungkan pengguna dengan sistem komputer. Hal ini disebabkan karena perangkat keras komputer memiliki bentuk fisik dan dapat dioperasikan secara langsung oleh pengguna.

Sama seperti perangkat lainnya, perangkat keras juga bisa mengalami permasalahan. Contoh soal permasalahannya bisa teman-teman dapatkan di halaman 97 buku pelajaran informatika kelas 7 kurikulum Merdeka.

Coba teman-teman jawab dulu pertanyaannya, ya. Setelah itu, kita akan membahasnya bersama-sama. Oia, jangan lupa untuk mendikusikan jawaban kalian dengan guru, ya!

Contoh Soal dan Pembahasan Soal Halaman 97

Dengan melakukan pencarian informasi di internet, diskusikan pertanyaan berikut dengan teman kalian. Pilih jawab pertanyaan yang paling tepat dari diskusi dan catat di lembar kerja siswa.

a. Pernahkah kalian melihat sebuah alat elektronik, misalnya televisi atau laptop yang saat dinyalakan tidak berfungsi seperti biasa? Carilah informasi tentang berbagai kemungkinan alat elektronik atau komputer tidak mau menyala.

Jawaban:

Berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebab komputer tidak mau menyala:

- kabel penghubung power supply rusak,

Baca Juga: Materi Interaksi Antarperangkat: Pengertian, Fungsi, dan Contohnya