Analisis Struktur Teks Tanggapan: Konteks, Deskripsi, dan Penilaian

By Amirul Nisa, Rabu, 21 September 2022 | 09:45 WIB
Mengenali struktur yang ada pada teks tanggapan. (storyset)

Bobo.id - Ada beragam jenis teks yang cukup sering digunakan dan salah satunya adalah teks tanggapan.

Pada materi Bahasa Indonesia kurikulum merdeka kelas VII SMP, teman-teman akan belajar tentang struktur pada teks tanggapan.

Teks tanggapan merupakan sebuah teks yang dibuat untuk memberikan sebuah penilaian atas suatu objek dalam bentuk karya atau peristiwa.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) teks tanggapan merupakan suatu sambutan terhadap ucapan yang bisa berwujud kritik, komentar, dan lain sebagainya.

Selain itu, ada juga beberapa ahli yang memiliki pandangan berbeda tentang teks tanggapan.

Menurut Sujanto, tanggapan atau teks tanggapan merupakan suatu gambaran pengamatan yang berasal dari kesadaran seorang manusia ketika telah melakukan pengamatan.

Jadi bisa disimpulkan, bahwa teks tanggapan merupakan sebuah teks yang disampaikan melalui komentar, evaluasi, kritik, pujian, dukungan, hingga penolakan terhadap suatu hal.

Dari teks ini pun teman-teman akan menemukan sudut pandanga atau pengamatan yang dibuat dari pemikiran seseorang.

Sebuah teks tanggapan biasanya juga dibuat untuk menyampaikan kritikan terkait isu yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

Tapi ada juga teks tanggapan yang dibuat untuk memberikan masukan atau kritikan pada sebuah karya sastra, berita, film, artikel, buku, atau karya pertunjukan dalam berbagai bentuk.

Pada sebuah teks tanggapan berbagai komentar bisa diberikan, dari kritik, hingga pujian.

Baca Juga: Mempelajari tentang Teks Tanggapan dari Tujuan hingga Fungsinya