Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI, Apa yang Akan Terjadi Apabila Magnet Dipotong Menjadi Dua?

By Thea Arnaiz, Kamis, 22 September 2022 | 08:15 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD/MI, tema wirausaha, penjelasan bagaimana kalau magnet dipotong menjadi dua. (freepik/brgfx)

Bobo.id - Dalam kehidupan sehari-hari, pasti ada benda yang mengandung magnet seperti pintu kulkas, kotak pensil, microwave, dan kipas.

Suatu magnet agar saling menempel, maka kutub yang harus di dekatkan adalah kutub yang berbeda.

Jadi kutub yang sama justru membuat magnet saling tolak-menolak. Kutub magnet ini terletak di kedua ujungnya, yaitu kutub utara dan selatan.

Tapi apakah jika suatu batang magnet dipotong, maka satu bagiannya bermuatan kutub utara dan satu bagiannya lagi bermuatan kutub selatan? 

Pembahasan tersebut akan kita pelajari dalam pelajaran tematik kelas 6 SD/MI, Tema Wirausaha, Subtema 2: Usaha di Sekitarku.

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), materinya adalah Benda Magnetis dan Benda Non Magnetis, tepatnya halaman 131.

Namun, sebelum mengerjakan soal latihan dan menemukan kunci jawabannya, teman-teman dapat menyimak materinya secara singkat terlebih dahulu.

Magnet adalah benda yang dapat menarik logam yang ada di sekitarnya. Daya tarik magnet itulah yang disebut gaya tarik magnet.

Benda-benda yang dapat ditarik dengan magnet disebut benda magnetis. Sedangkan, benda-benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet disebut benda non magnetis.

Daya tarik magnet ini bisa terjadi karena magnet di kedua ujungnya mengandung kutub utara dan kutub selatan.

Untuk mengetahui lebih lanjut, kerjakanlah soalnya yang ada di buku. Apakah teman-teman sudah selesai mengerjakan soal-soalnya?

Baca Juga: Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI, Mengapa Logam Memiliki Daya Tarik yang Berbeda terhadap Magnet?