Cara Menulis Surat Resmi Atau Formal Letter dalam Bahasa Inggris

By Niken Bestari, Senin, 26 September 2022 | 13:15 WIB
Menulis surat resmi dan formal letter. (Freepik)

Bobo.id - Teman-teman, memelajari Bahasa Inggris juga penting dalam memelajari writing, salah satunya menulis surat resmi atau formal letter

Menulis surat resmi tentu saja berbeda dengan menulis tidak resmi atau personal letter, ya, teman-teman.

Surat resmi menggunakan kosakata yang yang bersifat formal atau resmi.

Formal letter sendiri memiliki berbagai jenis, antara lain invitation letter, job application letter, rejection letter, inquiry letter, dan collection letter.

Dari contoh-contoh tersebut, ada yang pernah kamu tulis, belum? Atau ada yang lagi mau kamu tulis sekarang?

Nah, kalau kamu sedang menulis surat formal dan bingung harus menulis apa, sebaiknya kamu baca artikel ini dulu,y a!

Kita belajar cara membuat formal letter yang baik dan benar. Berikut langkah-langkahnya:

Struktur Formal Letter

1. Tuliskan nama dan alamat pengirim (Addresser)

Addresser adalah bagian pada formal letter yang berisi nama dan alamat pengirim surat. Pengirim surat formal bisa merupakan perorangan maupun atas nama instansi atau perusahaan. 

2. Cantumkan tanggal dibuatnya surat (Date)

Baca Juga: Membuat Job Application Letter Beserta Struktur dan Contohnya, Materi Reading Bahasa Inggris