Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI, Apa Saja 4 Hal yang Menjadi Fokus MEA?

By Thea Arnaiz, Rabu, 5 Oktober 2022 | 10:45 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD/MI, tema wirausaha, berbagai macam hal yang menjadi fokus MEA dalam perekonomian di kawasan Asia Tenggara. (Kelly/pexels)

Bobo.id - ASEAN adalah organisasi yang anggotanya terdiri dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Tujuan dibentuknya ASEAN adalah sebagai wadah kerja sama dalam berbagai macam bidang.

Mulai dari pendidikan, pangan, teknologi, kebudayaan, hingga ekonomi. Dalam bidang ekonomi, salah satu upaya untuk mewujudkannya adalah dengan mendirikan MEA.

Lalu, apa saja hal-hal yang menjadi fokus MEA? Pembahasan tentang MEA akan diketahui melalui pelajaran tematik kelas 6 SD/MI, Tema Wirausaha, Subtema 3: Belajar Berwirausaha.

Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), materinya adalah Peranan Indonesia di Bidang Ekonomi dalam Lingkup ASEAN, tepatnya halaman 172.

Namun, sebelum mengerjakan soal latihan dan menemukan kunci jawabannya, teman-teman dapat menyimak materinya secara singkat terlebih dahulu. 

Salah satu bentuk kerja sama di bidang ekonomi dalam lingkup ASEAN adalah Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang sudah diberlakukan sejak 2015.

MEA artinya negara-negara di kawasan Asia Tenggara punya tujuan untuk meningkatkan perekonomian melalui perdagangan, jasa, dan investasi yang menguntungkan semua pihak.

Indonesia juga turut berperan dalam pelaksanaan MEA untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kawasan Asia Tenggara.

Untuk mengetahui lebih lanjut, kerjakanlah soalnya yang ada di buku. Apakah teman-teman sudah selesai mengerjakan soal-soalnya?

Kalau sudah, coba cocokkan dengan kunci jawaban di bawah ini, ya. 

Baca Juga: Bentuk Kerja Sama Negara ASEAN di Berbagai Bidang, Mulai dari Bidang Sosial Budaya Hingga Pertanian